IMG_0198

Daikin adalah merk AC pabrikan Jepang ternama, berspesialisasi dalam AC yang didirikan sejak 1924. Domain bisnis utama kami adalah di bidang AC dan kami senang dapat berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam penyelenggaraan peningkatan kompetensi bidang teknik pendingin dan tata udara di sekolah menengah kejuruan (SMK) seluruh indonesia.

 

Daikin telah berada di Indonesia sini sejak tahun 1970 di bawah distributor lokal. Dan pada tahun 2012 Daikin Jepang memutuskan untuk terlibat langsung dalam bisnis di Indonesia dan dengan demikian PT Daikin Airconditioning Indonesia didirikan di bulan April. Sehingga akhir tahun 2018, kami sudah mempunyai 13 cabang dan lebih dari 1,100 dealer di seluruh Indonesia. Jumlah karyawan mencapai lebih dari 650 orang dan penjualan lebih dari 3.5 trilliun rupiah.

 

Indonesia adalah salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di ASEAN dan diprediksi akan menjadi ekonomi 4 terbesar dunia pada tahun 2045. Di bidang pendingin udara, penetrasi pasar AC di negara ini masih di bawah 25%. Masih ada 75% peluang yang tersedia bagi produsen, penjual, teknisi, dan pemasang untuk mendapatkan manfaat. Dengan 2 poin di atas, potensi ekspansi AC di negara ini sangat besar.

 

Apabila kita berbicara tentang membeli produk peralatan rumah, kita sebenarnya dapat pergi ke toko elektronik terdekat untuk membelinya, melakukan pengiriman, meyambung ke sumber listrik dan mulai menggunakannya. Tidak perlu pihak ketiga yang menginstalnya. Namun, bisnis AC ini unik, di mana kami butuh diinstal oleh teknisi yang berkualifikasi. Di tambah juga, dengan semakin berkembangnya bangunan komersial di Indonesia seperti kantor, sekolah, rumah sakit, mal-mal dan yang lainnya; Daikin telah memperkenalkan produk-produk baru yang cocok untuk aplikasi komersial ini. Dengan ini, teknisi perlu sering dilatih ulang untuk memasang AC komersial ini.

 

Kami percaya bahwa tidak hanya kami, tetapi semua produsen AC di Indonesia menghadapi tantangan besar dalam pemasangan. Tantangan-tantangan ini tidak hanya karena kekurangan tenaga kerja, tetapi juga kualitas pekerjaan. Ada banyak kasus di mana installer belajar langsung di lapangan tanpa mendapatkan pendidikan formal dari lembaga atau sekolah yang berkualitas.

 

Kami di Daikin merasa bahwa adalah misi utama kami untuk menyelesaikan masalah ini. Karena itu, sejak 2013 kami telah melakukan banyak pelatihan untuk teknisi lapangan. Tahun kemarin kami mendirikan Pusat Pelatihan Nasional yang pertama di Jakarta Utara dengan ruang lebih dari 2.000 meter persegi yang dilengkapi dengan 3 ruang kelas, 3 ruang praktis untuk berbagai jenis produk pendingin ruangan dari AC perumahan hingga AC komersial dan 1 ruang pengelasan. Pusat ini sudah terdaftar sebagai tempat ujian kompetensi dari Lembaga Sertifikat Profesi Teknik Pendingin dan Tata Udara (LSP-TPTU), lengkap dengan fasilitas pelatihan paling komprehensif di bidang pendingin udara. Sejak berdirinya pusat ini Juli 2018, kami telah melatih lebih dari 10.000 peserta di Pusat Pelatihan Nasional kami.

 

Tahun ini, kami memperluas pelatihan kami ke SMK kerena sekolah adalah sumber utama untuk masa depan Indonesia. Dengan berkerjasama dengan pihak kementerian dan guru-guru SMK, kami ingin mempersiapkan generasi masa depan Indonesia, melatih mereka dan mempersiapkan mereka untuk situasi aktual di lapangan yang bisa menangani berbagai jenis produk AC secara konfinden dan profesionalisme.