DAIKIN Goes To School Beri Pelatihan Empat Hari di SMK NU Ma’arif Kudus

Daikin Indonesia • 7 Februari 2025

Komitmen PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) untuk berkontribusi pada pengembangan pendidikan vokasi tampak semakin nyata. Mengawali tahun ini, spesialis tata udara asal Jepang tersebut memberikan paket pelatihan di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama (NU) Ma’arif Kudus, Jawa Tengah. Menjadi bagian program DAIKIN Goes To School, kegiatan ini berlangsung sepanjang 4 Februari hingga 7 Februari.

 

“Membawa tenaga ahli DAIKIN untuk berbagai wawasan terkait industri solusi tata udara yang menjadi spesialisasi kami menjadi cerminan upaya berkelanjutan perusahaan dalam menciptakan interaksi dan kolaborasi lebih baik antara pelaku industri dan dunia pendidikan,” ujar Padang Joko Setyabudi, Branch Manager DAIKIN untuk wilayah Semarang dan sekitarnya. Lebih lanjut dikatakannya, pelatihan yang diberikan ini mencakup peningkatan hard skill dan soft skill bagi siswa.


DAIKIN Goes To School sendiri merupakan salahsatu pilar inisiatif sosial DAIKIN yang lebih menyasar pada dunia pendidikan. Berjalan melalui kunjungan pada berbagai sekolah menengah di Indonesia yang dilakukan secara simultan sepanjang tahunnya, fokus utamanya pemberian pelatihan dan pengembangan wawasan siswa didik.


Kunjungan pertama pelaksanaan program DAIKIN Goes To School di tahun ini pada SMK NU Ma’arif Kudus ini terkait dengan kolaborasi yang telah terjalin sebelumnya. SMK NU Ma’arif Kudus merupakan salahsatu sekolah menengah vokasi di Jawa Tengah yang terpilih dalam DAIKIN Center of Excellence. Disamping peningkatan pada fasilitas laboratorium sekolah terkait yang termasuk dukungan unit AC sebagai bahan praktek, DAIKIN juga memberikan dukungan pada pelatihan dan pengujian bagi peningkatan kompetensi siswa dan pengajar.

 

Lebih dalam terkait pelatihan ini, pada bagian hard skill, pokok bahasan meliputi kemampuan teknis terkait tiga hal. Ketiganya yaitu Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH), pemulihan refrigeran (refrigerant recovery) serta pengetahuan dasar perangkat pendingin udara. Sementara pada paparan materi soft skill, DAIKIN memberikan cara pembuatan curriculum vitae (CV) dan hal penting dalam menjalani proses wawancara kerja.


Merancangnya menjadi pelatihan yang menarik, penyampaian setiap sesi tak terbatas pada pembahasan teori. Setiap pemateri yang merupakan tenaga ahli DAIKIN di bidang masing-masing, membuka sesi interaksi bagi pertanyaan maupun tanggapan dari peserta sepanjang sesi berlangsung.


Seturut dengan semangat yang dibawa DAIKIN Goes To School untuk peningkatan kolaborasi dengan dunia pendidikan, Padang Joko menyatakan, akan melanjutkan kunjungan yang sama pada berbagai sekolah vokasi yang berada di areanya. “Melalui DAIKIN Goes To School, kami berharap semakin banyak siswa memperoleh wawasan semakin luas dan sekaligus menginspirasinya terkait persiapan dalam memasuki dunia kerja nantinya,” pungkas Padang Joko.

You might also like

oleh Daikin Indonesia 11 Juli 2025
INSTAGRAM STORY CONTEST Dapatkan kesempatan menangkan hadiah langsung berupa souvenier DAIKIN dengan mengikuti tata cara dibawah ini: Foto dengan menggunakan Frame "DAIKIN Nusantara Prestige " dan abadikan momen di booth DAIKIN x IONATION. Post foto dengan frame tersebut di Instagram story dengan mention akun resmi @daikinindonesia . Tunjukkan post kamu ke salah satu staff DAIKIN yang berlokasi di booth 4K dan menangkan langsung hadiahnya.
oleh Daikin Indonesia 1 Juli 2025
Untuk memperkuat sinergi dengan para mitra bisnisnya, DAIKIN menghelat dua acara khusus bagi mitra dealer dan service partner-nya di seluruh Indonesia. Bagi mitra dealer, acara ini bertajuk DAIKIN Policy Meeting FY25 yang bahasannya lebih terfokus pada strategi perusahaan sepanjang tahun fiskal FY25. Sementara bagi mitra layanan purna jualnya, bersanding dengan paparan strategi, DAIKIN juga membuatnya sebagai ajang penyampaian apresiasi atas kinerja service partner sepanjang tahun fiskal FY24. Penyelenggaraan DAIKIN Policy Meeting FY25 bagi mitra dealer sendiri berlangsung parsial sepanjang pertengahan Juni hingga akhir Juli 2025 nanti. Hal ini seturut upaya menjangkau sejumlah 1,400 mitra dealer dari 14 area kantor cabang DAIKIN di Indonesia. Melengkapi paparan kebijakan perusahaan dalam tahun fiskal 2025, dalam penyelenggaraan DAIKIN Policy Meeting FY25, seluruh mitra dealer berkesempatan melakukan kunjungan ke PT Daikin Industries Indonesia yang tercatat sebagai pabrik ac hunian pertama di Indonesia dengan skala produksi penuh. Dalam kunjungan ini, para dealer dapat melihat kecanggihan perangkat proses produksi yang dibawah supervisi DAIKIN Jepang untuk memastikannya memiliki standar kualitas produksi yang sama seperti di berbagai fasilitas produksi DAIKIN di seluruh dunia. Pada puncak acara yang digelar di Nuanza Hotel & Convention, DAIKIN pun memperkenalkan berbagai produk utamanya di tahun fiskal 2025. Selain seri AC Nusantara Prestige yang menjadi AC hunian perdana DAIKIN buatan Indonesia, DAIKIN juga memberikan informasi tentang produk unggulan lainnya seperti air purifier, VRV 6 A/X, Cassette dan produk seri commercial lainnya. Senada dengan perhelatan bagi mitra dealer, DAIKIN juga memberi paparan strategi perusahaan bagi mitra layanan purna jualnya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Total undangan dalam acara bertajuk Service Policy Meeting FY25 ini yaitu 140 Authorized Service Partner, 35 Authorized Service Dealer and 7 Maintenance Partner. Selain paparan strategi perusahaan dan kunjungan pabrik, yang membuat perhelatan ini menjadi lebih spesial, ada pada rangkaian penghargaan DAIKIN atas kinerja terbaik mitra purna jual DAIKIN ini sepanjang tahun fiskal 2024. Dalam kesempatan tersebut, DAIKIN memberikan 20 pemenang dari 3 kategori penghargaan. Yaitu 1 pemenang Best DID Service Partner, 16 pemenang Best Service Partner by Service Station dan 3 pemenang dari kategori Best Service Partner Technician.
oleh Daikin Indonesia 30 Juni 2025
DAIKIN resmi memperkenalkan seri perdana AC hunian buatan pabriknya di Indonesia pada 30 Juni lalu. Mengusung nama Nusantara Prestige, terdapat tiga model didalamnya yaitu dua AC inverter ALPHA inverter dan BETA Inverter serta satu model yang merupakan AC standar yaitu SMS (Super Mini Split). Lebih dari buatan Indonesia, ketiganya yang diproduksi di PT Daikin Industries Indonesia sebagai pabrik AC hunian DAIKIN yang resmi beroperasi pada Mei lalu, dibuat dengan teknologi proses produksi termutakhir dan dibawah supervisi langsung DAIKIN Jepang. Hal ini membuat pabrik DAIKIN di Cikarang ini memiliki standar kualitas yang sama seperti di berbagai fasilitas produksi DAIKIN di berbagai belahan dunia. Sementara mengenai rancangannya, Seri AC Nusantara Prestige dibuat dengan perhatian pada tantangan penggunaan AC di Indonesia. Diantaranya terkait ketahanan unit saat berhadapan dengan pengaruh lingkungan pemasangan, melalui terapan lapisan khusus pada evaporator dan kondensor, Hairpin Coating dan Blue Fin Coating. Bagi kedua model berbasis inverter, ALPHA inverter dan BETA inverter , DAIKIN melengkapinya dengan super PCB yang membuat AC tetap dapat bekerja baik saat menghadapi tegangan kejut berupa lonjakan listrik naik maupun turun. Hal yang masih menjadi permasalahan bagi sebagian daerah di wilayah Indonesia. Sementara bagi SMS (Super Mini Split) , perlindungan terkait listrik diberikan melalui kehadiran Low Voltage Protection. Proteksi tegangan rendah ini bekerja otomatis mematikan AC saat daya listrik turun dibawah level tertentu. Terkait dengan kemampuan khasnya, ALPHA inverter lebih ditujukan bagi pengguna dengan kepedulian kesehatan lebih melalui kehadiran teknologi STREAMER dari DAIKIN yang bekerja mengeliminasi virus dan bakteri. Sementara model BETA inverter punya kemampuan 40% lebih cepat dalam melakukan proses pendinginan ruangan disamping penghematan listrik. Disisi lain, AC DAIKIN SMS (Super Mini Split) menjadi pilihan dengan kelengkapan seluruh hal esensial yang diperlukan dalam sebuah unit AC. Terkait ketersediaan AC Nusantara Prestige, DAIKIN menyatakan, ketersediaannya akan berjalan secara bertahap mulai bulan Juli 2025.

Book a Service Today