50 Tahun Daikin Indonesia Shaping People’s Comfort

Creata Indonesia • Nov 10, 2020

50 Tahun Daikin Indonesia

Shaping People’s Comfort


(Jakarta), Pada tahun ini Daikin Indonesia genap berusia 50 tahun, sejak kehadirannya pertama kali di Indonesia pada tahun 1970. Di usianya yang setengah abad di Indonesia, Daikin terus berkomitment menyediakan produk berkualitas dan dapat diandalkan oleh konsumen Indonesia. Produk-produk Daikin selalu berupaya menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia di bidang tata udara.


Daikin memasuki bisnis tata udara secara resmi di Indonesia pada 1970 melalui distributor resmi bernama Daikin Aircond, 46 tahun setelah kehadirannya di Jepang pada tahun 1924. Sebagai perusahaan pendingin udara pionir, Daikin mulai mengenalkan AC jenis VRV (variable refrigerant volume), pendingin udara kapasitas besar untuk gedung-gedung bertingkat.


Empat dekade setelah keberadaan Daikin di Indonesia, pada tahun 2012 diambil alih Daikin Jepang dan Daikin Airconditioning Indonesia resmi didirikan. Daikin menjadi lebih besar dari tahun ketahun. Jumlah dealer Daikin ditahun 2012 semula hanya berjumlah 150 dealer, namun selanjutnya pada Maret 2013, jaringan dealer nasional Daikin mencapai 500 dan kini jumlahnya telah mencapai lebih dari 1200 yang tersebar diseluruh nusantara dengan didukung lebih dari 500 titik service center di 30 provinsi. Jumlah ini tentunya akan terus bertambah setiap tahunnya. Pada tahun 2013 pula penjualan AC VRV tercatat mencapai rekor sebanyak 10.000 unit, sebuah perkembangan yang positif bagi kami.


Pada April 2014, Daikin meluncurkan produk baru AC Single Split R32 pertama di Indonesia. Sekaligus Indonesia menjadi negara pertama di Asean yang melarang impor AC yang menggunakan R22. Sebagai brand global, Freon R32 atau zat pendingin R32 merupakan produk yang diinisiasi oleh Daikin secara global ditahun 2012. R32 ini merupakan produk yang ramah lingkungan, dimana Daikin mengambil peran dalam menjawab tantangan global warming.


Berikutnya Daikin semakin memantapkan keberadaannya di Indonesia, sebagai brand premium setelah Daikin pertama kalinya pada 2015 mencapai salah satu produsen pendingin udara dengan penjualan terbesar di Indonesia.


Sejak itu Daikin terus melengkapi produk-produknya di Indonesia untuk beragam konsumen perumahan, perkantoran, komersial dan industri. Tidak hanya produk AC dengan beragam teknologi yang berhasil disematkan hingga air purifier dengan beragam jenisnya.


Dengan semakin berkembang dan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap brand AC Daikin. Kebutuhan akan pemasangan dan perawatan AC yang benar menjadi sangat penting. Maka pada tahun 2018 Daikin Airconditioning Indonesia meresmikan National Training Center yang bertujuan meningkatkan keahlian melalui training baik online maupun offline mengenai sistem tata udara. Keseriusan ini ditandai dengan ditanda tanganinya MOU dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penguatan link and match antara dunia usaha dan dunia industri (DU/DI).


Kesuksesan perjalanan setengah abad Daikin Indonesia terwujud dari komitmen dan semangat terus berkarya dari lebih dari 1000 karyawan profesional yang saat ini tersebar di 14 cabang dan dukungan mitra usaha serta konsumen setia yang senantiasa bangga menggunakan produk kami.


Daikin berusaha memberikan solusi terbaik atas kebutuhan Air Conditioning bagi seluruh masyarakat Indonesia. Senantiasa memastikan rantai pasokan dan distribusi dapat terpenuhi dengan memperluas wilayah penjualan untuk produk dan layanan unggulan. Kepercayaan ini menjadikan kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan melalui pembekalan training terpadu kepada para teknisi terhadap sistem tata udara.


Bagi kami menjaga harmonisasi dengan lingkungan alam dan sosial dimana Daikin Indonesia menjadi bagian keseharian usahanya, menumbuhkan rasa kebersamaan dan sikap kerja sama berdasarkan kesadaran saling membutuhkan antara satu sama lain.


Merupakan kehormatan bagi kami atas kepercayaan konsumen Indonesia selama 50 tahun perjalanan memberikan solusi tata udara dan menciptakan kenyamanan di Indonesia.


Perayaan 50 tahun Daikin Indonesia ditengah kondisi pandemik tidak menyurutkan semangat berkarya kami. Kami terus menumbuhkan tekad untuk terus maju, berkembang dan berinovasi terhadap kualitas produk dan pelayanan kami diseluruh wilayah Indonesia.


Terima kasih kepada seluruh karyawan, mitra usaha dan pelanggan setia yang telah menjadi inspirasi dan mempercayakan Brand AC Daikin sebagai bagian dari kenyamanan hingga saat ini dan di masa yang akan datang.


You might also like

oleh Daikin Indonesia 03 May, 2024
Dibawah tema besar “Beyond Customer Expectation”, DAIKIN Service Partner Policy Meeting & Awarding 2024 terselenggara di Jakarta pada 3 Mei lalu. Selain menjadi wadah untuk mensosialisasikan kebijakan baru dalam ranah layanan purna jual, kegiatan ini juga menjadi ajang apresiasi atas mitra bisnis DAIKIN dalam layanan purna jual. Dalam kegiatan tersebut, DAIKIN menekankan arah pengembangan layanan purna jualnya di Indonesia. Termasuk didalamnya penciptaan standar kinerja tinggi dalam melayani. Hal ini dicapai melalui kualitas teknis sumber daya manusia, kecepatan, keandalan, keramahan dan digitalisasi dalam proses bisnis untuk mencapai efektivitas kerja teknisi. Untuk mendukung hal tersebut, DAIKIN diantaranya telah menyiapkan ragam pelatihan bagi sumber daya manusia para mitra bisnisnya. Pada kesempatan yang sama, DAIKIN pun memberikan fokus khusus yang mengajak para mitra bisnisnya turut berkontribusi dalam komitmen perusahaan mengatasi dampak lingkungan. Dengan dua fokus utama yaitu pengurangan emisi karbon dan pemulihan refrigerant. Bila pengurangan emisi karbon salahsatunya melalui dukungan pada AC berbasis inverter, DAIKIN menjadi pionir dan satu-satunya perusahaan solusi tata udara yang menyediakan layanan refrigerant recovery. Seturut dengan komitmen pemerintah dalam penurunan bertahap konsumsi refrigerant terkait dampak perubahan iklim, layanan refrigerant recovery dapat menjadi sebuah bisnis baru bagi para mitra bisnis DAIKIN. Meningkatkan kietersediaan layanan, yang berjalan seiring dengan kepedulian pada lingkungan. Seiring dengan semangat layanan DAIKIN. Memberikan layanan terbaik, melampaui harapan konsumennya.
oleh Daikin Indonesia 29 Apr, 2024
Dapatkan AC DAIKIN Inverter baru Anda cuma 670 ribu dengan pembelian melalui Home Credit. Setiap pembelian paket AC ini akan dilengkapi intalasi dengan pipa DAIKIN (DSP). Syarat dan ketentuan bisa Anda lihat pada penjelasan dibawah ini: Periode promo mulai dari 1 Mei - 30 Juli 2024 Promo hanya berlaku di Dealer i-SHOP tertentu* Promo hanya berlaku untuk pembelian oleh konsumen perorangan (tidak berlaku untuk pembelian Grosir, Sub Dealer, Proyek / Intitusi) Promo hanya berlaku bagi konsumen yang telah memenuhi syarat pengajuan pada aplikasi Home Credit Indonesia (HCI) Promo hanya berlaku untuk tipe: ZETA (FTKZ) / STAR (FTKC) / FLASH (FTKQ) / EVO (FTKF) / MULTI-S + Paket Instalasi Pipa DAIKIN (DSP) + 1x Cuci AC Anda dapat mengikuti langkah berikut agar bisa menggunakan promo ini menggunakan Home Credit: Unduh Aplikasi “Home Credit - Cicilan & Pinjaman” pada Play Store / App Store. Buka aplikasinya, lakukan registrasi pada aplikasi Home Credit Indonesia. Jika konsumen layak mengajukan cicilan, datangi toko yang sudah bekerja sama dengan HCI dan bertemu Sales Agent HCI untuk proses lebih lanjut. Sales Agent HCI akan membantu konsumen dalam proses pengambilan kredit HCI.
oleh Daikin Indonesia 23 Apr, 2024
Denpasar, 22 April - PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) bermitra dengan CV Dian Mandiri meresmikan pembukaan DAIKIN Proshop Showroom terbarunya di Denpasar, Bali (22/4). “Hadirnya DAIKIN Proshop Showroom Dian Mandiri menegaskan langkah DAIKIN dalam memperluas pemasaran AC Home Central sebagai solusi pendingin udara yang berfokus pada hunian kelas premium dan bangunan light commercial bagi masyarakat Bali,” ujar Shinji Miyata, President Director PT Daikin Airconditioning Indonesia dalam sambutannya pada seremoni peresmian showroom DAIKIN Proshop tersebut. Lebih lanjut dikatakannya, pembukaan DAIKIN Proshop Showroom terbaru ini sekaligus menjadi bagian upaya DAIKIN dalam mempertegas langkah ekspansinya bagi pemasaran lini produk premium AC Home Central di Indonesia. Dengan pembukaan showroom AC premium terbaru ini, perusahaan AC asal Jepang ini terhitung telah memiliki 36 DAIKIN Proshop Showroom yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. AC Home Central DAIKIN yang menjadi lini produk utama dalam DAIKIN Proshop Showroom sendiri merupakan penyejuk udara kelas premium yang ditujukan bagi hunian modern dan kebutuhan bangunan light commercial seperti café dan restoran. Tak cuma menawarkan kepraktisan penempatan dan perawatan dari keunikannya yang membuatnya dapat mengoperasikan beberapa unit indoor hanya dengan satu unit outdoor, AC Home Central DAIKIN memiliki ragam pilihan desain unit indoor yang dapat membaur pada ruang dan meningkatkan estetika keseluruhan ruang. Sementara dari sisi kenyamanan, bersama dengan kesejukan yang dibawanya, AC DAIKIN Home Central juga memiliki kemampuan mengatur tingkat kelembapan udara sehingga mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri dalam ruang berikut dengan filtrasi berlapis untuk mengeliminasi berbagai partikel merugikan kesehatan. “Hal inilah diantaranya yang membuat AC Home Central DAIKIN semakin menjadi pilihan bagi hunian maupun bangunan light commercial. Utamanya bagi pengaplikasian pada ruang yang membutuhkan perhatian pada penjagaan tingkat kelembapan,” ujar Shinji Miyata lagi. Terkait dengan lokasi, DAIKIN Proshop Showroom Dian Mandiri menempati bangunan rumah toko (ruko) dua lantai pada Komplek Pertokoan Ngurah Rai di bilangan Jalan Bypass Ngurah Rai Kuta No. 28 Denpasar, Bali. Selain berada di jalur utama menuju Bandara Internasional Ngurah Rai, lokasi ini dipilih dengan pertimbangan jaraknya yang dekat dengan destinasi kuliner dan pembangunan berbagai proyek baru yang ramai pengunjung. “Keberadaannya di wilayah strategis seturut harapan besar kami pada kehadirannya. Memberikan layanan solusi tata udara premium yang lengkap dengan cepat dan tepat bagi masyarakat di wilayah Bali,” ujar Desira Triyanti, pemilik DAIKIN Proshop Dian Mandiri di sela-sela peresmian. Lebih dari kelengkapan produk AC Home Central yang ada didalamnya, lanjut Desira Triyanti, aspek solusi lengkap pada DAIKIN Proshop Showroom ini juga menyentuh hingga layanan bagi pengunjung dan pengguna. Mulai dari pendampingan konsultan profesional yang memberikan rekomendasi solusi tata udara yang tepat bagi pengunjung, teknisi tersertifikasi DAIKIN untuk instalasi dan pemeliharaan hingga layanan purna jual. Membuatnya semakin istimewa, seluruh konsumen DAIKIN Proshop Showroom Dian Mandiri akan mendapatkan layanan purna jual 1x24 jam untuk kebutuhan perawatan dan perbaikan produk AC Home Central miliknya. “Kelengkapan layanan ini didesain sesuai dengan visi DAIKIN Proshop Showroom untuk menjadi destinasi utama bagi solusi tata udara premium. Bagi hunian maupun pendukung kegiatan bisnisnya,” ujar Desira Triyanti. Lebih lanjut ia menyatakan optimismenya terkait penerimaan positif dari masyarakat terkait pembukaan DAIKIN Proshop Showroom CV Dian Mandiri. Dukungan produk inovatif dan layanan yang disiapkan didalamnya, bersanding dengan pengalaman panjang CV Dian Mandiri pada industri solusi tata udara. Memulai debutnya pada tahun 1994 sebagai kontraktor, perusahaan ini tumbuh dengan melakukan pengembangan untuk memberikan layanan bagi kebutuhan ventilasi dan pendingin udara pada tahun 2010. Beranjak kemudian menjadi bagian dari dealer DAIKIN Proshop di tahun 2022. “Kami bangga dapat bermitra dengan CV Dian Mandiri yang memiliki rekam jejak dan reputasi baik sepanjang perjalanannya. Kesamaan komitmen dan semangat untuk bersama berkembang melalui keberadaan DAIKIN Proshop showroom ini akan menjadi modal besar bagi kesuksesan lebih tinggi yang dicapai dari pelayanan terbaik yang dihadirkannya,” pungkas Shinji Miyata.
Postingan Lainnya

Book a Service Today

Share by: