50 Tahun Daikin Indonesia Shaping People’s Comfort

Creata Indonesia • 10 November 2020

50 Tahun Daikin Indonesia

Shaping People’s Comfort


(Jakarta), Pada tahun ini Daikin Indonesia genap berusia 50 tahun, sejak kehadirannya pertama kali di Indonesia pada tahun 1970. Di usianya yang setengah abad di Indonesia, Daikin terus berkomitment menyediakan produk berkualitas dan dapat diandalkan oleh konsumen Indonesia. Produk-produk Daikin selalu berupaya menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia di bidang tata udara.


Daikin memasuki bisnis tata udara secara resmi di Indonesia pada 1970 melalui distributor resmi bernama Daikin Aircond, 46 tahun setelah kehadirannya di Jepang pada tahun 1924. Sebagai perusahaan pendingin udara pionir, Daikin mulai mengenalkan AC jenis VRV (variable refrigerant volume), pendingin udara kapasitas besar untuk gedung-gedung bertingkat.


Empat dekade setelah keberadaan Daikin di Indonesia, pada tahun 2012 diambil alih Daikin Jepang dan Daikin Airconditioning Indonesia resmi didirikan. Daikin menjadi lebih besar dari tahun ketahun. Jumlah dealer Daikin ditahun 2012 semula hanya berjumlah 150 dealer, namun selanjutnya pada Maret 2013, jaringan dealer nasional Daikin mencapai 500 dan kini jumlahnya telah mencapai lebih dari 1200 yang tersebar diseluruh nusantara dengan didukung lebih dari 500 titik service center di 30 provinsi. Jumlah ini tentunya akan terus bertambah setiap tahunnya. Pada tahun 2013 pula penjualan AC VRV tercatat mencapai rekor sebanyak 10.000 unit, sebuah perkembangan yang positif bagi kami.


Pada April 2014, Daikin meluncurkan produk baru AC Single Split R32 pertama di Indonesia. Sekaligus Indonesia menjadi negara pertama di Asean yang melarang impor AC yang menggunakan R22. Sebagai brand global, Freon R32 atau zat pendingin R32 merupakan produk yang diinisiasi oleh Daikin secara global ditahun 2012. R32 ini merupakan produk yang ramah lingkungan, dimana Daikin mengambil peran dalam menjawab tantangan global warming.


Berikutnya Daikin semakin memantapkan keberadaannya di Indonesia, sebagai brand premium setelah Daikin pertama kalinya pada 2015 mencapai salah satu produsen pendingin udara dengan penjualan terbesar di Indonesia.


Sejak itu Daikin terus melengkapi produk-produknya di Indonesia untuk beragam konsumen perumahan, perkantoran, komersial dan industri. Tidak hanya produk AC dengan beragam teknologi yang berhasil disematkan hingga air purifier dengan beragam jenisnya.


Dengan semakin berkembang dan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap brand AC Daikin. Kebutuhan akan pemasangan dan perawatan AC yang benar menjadi sangat penting. Maka pada tahun 2018 Daikin Airconditioning Indonesia meresmikan National Training Center yang bertujuan meningkatkan keahlian melalui training baik online maupun offline mengenai sistem tata udara. Keseriusan ini ditandai dengan ditanda tanganinya MOU dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penguatan link and match antara dunia usaha dan dunia industri (DU/DI).


Kesuksesan perjalanan setengah abad Daikin Indonesia terwujud dari komitmen dan semangat terus berkarya dari lebih dari 1000 karyawan profesional yang saat ini tersebar di 14 cabang dan dukungan mitra usaha serta konsumen setia yang senantiasa bangga menggunakan produk kami.


Daikin berusaha memberikan solusi terbaik atas kebutuhan Air Conditioning bagi seluruh masyarakat Indonesia. Senantiasa memastikan rantai pasokan dan distribusi dapat terpenuhi dengan memperluas wilayah penjualan untuk produk dan layanan unggulan. Kepercayaan ini menjadikan kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan melalui pembekalan training terpadu kepada para teknisi terhadap sistem tata udara.


Bagi kami menjaga harmonisasi dengan lingkungan alam dan sosial dimana Daikin Indonesia menjadi bagian keseharian usahanya, menumbuhkan rasa kebersamaan dan sikap kerja sama berdasarkan kesadaran saling membutuhkan antara satu sama lain.


Merupakan kehormatan bagi kami atas kepercayaan konsumen Indonesia selama 50 tahun perjalanan memberikan solusi tata udara dan menciptakan kenyamanan di Indonesia.


Perayaan 50 tahun Daikin Indonesia ditengah kondisi pandemik tidak menyurutkan semangat berkarya kami. Kami terus menumbuhkan tekad untuk terus maju, berkembang dan berinovasi terhadap kualitas produk dan pelayanan kami diseluruh wilayah Indonesia.


Terima kasih kepada seluruh karyawan, mitra usaha dan pelanggan setia yang telah menjadi inspirasi dan mempercayakan Brand AC Daikin sebagai bagian dari kenyamanan hingga saat ini dan di masa yang akan datang.


You might also like

oleh Daikin Indonesia 25 April 2025
PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) secara resmi mengumumkan dimulainya kompetisi DAIKIN Proshop Designer Award 2025 hari ini (25/4). Menjadi tahun kelima penyelenggaraannya, DAIKIN membuat tonggak baru dengan membawa kompetisi tahunan bagi pegiat arsitektur dan desain interior bagi kategori profesional dan mahasiswa ini ke tingkat yang lebih luas melalui kolaborasi Indonesia dan Malaysia. “Berbagai perkembangan yang hadir dari konsistensi DAIKIN dalam setiap kali perhelatannya, membawanya ke tingkat Indonesia-Malaysia seturut harapan DAIKIN Proshop Designer Award dapat menjadi tolok ukur kompetisi dan ajang penghargaan sejenis bagi bertumbuhnya inspirasi hunian dan bangunan komersial ideal yang menaruh perhatian pada penciptaan tata udara didalamnya dengan kesinambungan pada nilai estetika keseluruhan di tingkat ASEAN,” ujar Shinji Miyata, Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia dalam sambutannya pada pembukaan kompetisi ini. Perdana digelar pada tahun 2020 silam, DAIKIN Proshop Designer Award berawal dari kebutuhan akan wadah bagi pegiat arsitektur dan desain interior di Indonesia, pada tingkatan profesional maupun mahasiswa, untuk berbagi visi mengenai hunian ideal dengan perhatian pada rancangan sistem tata udara. Tak hanya mengedepankan estetika, namun pula memberi kenyamanan dan kesehatan individu yang beraktivitas didalamnya. Seperti pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, DAIKIN pun berkolaborasi dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta dan Jawa Barat dan Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta. Lebih dari sekedar mempertahankannya sebagai ajang prestisius, namun pula menjadi upaya menjangkau komunitas luas dari kedua lembaga yang dikenal sebagai asosiasi terbesar yang menaungi pegiat arsitektur dan desain grafis di Indonesia. Sementara menjadi kali pertama penyelenggaraannya yang mengundang pegiat arsitektur dan desainer interior di tingkat ASEAN, kolaborasi dilakukan DAIKIN dengan menggandeng DOMA Initiatives dan Malaysian Institute of Interior Designers (MIID). Keduanya merupakan asosiasi bagi pegiat arsitektur dan desain interior di Malaysia. Dukungan asosiasi terkait dari kedua negara ini salah satunya tercermin lewat susunan panel dewan juri DAIKIN Proshop Designer Award 2025. Adjunct Professor IDr Joe WH Chan dan IDr Wong Pei San sebagai praktisi desain interior asal Malaysia mewakili MIID dan Ar. Mun Inn Chan, seorang arsitek Malaysia yang terafiliasi dengan DOMA Initiatives. Sementara dari Indonesia, Tan Tik Lam yang dikenal luas dari berbagai karya arsitekturnya dan Alex Bayusaputro yang membangun reputasi besarnya melalui karya desain interior, didapuk menjadi juri berbarengan dengan Cosmas Gozali, pendiri firma arsitektur Atelier Cosmas Gozali. Daniel Mananta sebagai sosok selebriti Indonesia pun turut menjadi dewan juri pada penyelenggaraan DAIKIN Proshop Designer Award 2025. Lebih dalam terkait penyelenggaraan kompetisi tahunan ini, “ORIGINALITY” dipilih sebagai tema. Memberi tantangan bagi peserta untuk berinovasi melalui karyanya mengenai ruang hidup ideal dengan mengedepankan orisinalitas dan intuisi yang melebihi kecerdasan buatan (artificial intelligent – AI). “Ini sekaligus menjadi dorongan kami pada upaya menciptakan karya dengan menjaga orisinalitasnya yang semakin menjadi tantangan dalam era kecerdasan buatan,” ujar Shinji Miyata lagi. Terkait pembagian kategori yang diperlombakan, penyelenggaraan kelima DAIKIN Proshop Designer Award ini memisahkan peserta antara tingkat profesional dan mahasiswa. Sementara berdasarkan bentuk karya, mempertahankan dua kategori besar yaitu proyek terbangun dan konseptual yang masing-masing tersedia bagi arsitektur dan desain interior. Karya terbangun mewakili kategori aplikasi pada proyek yang telah terbangun sebelumnya, sementara seperti namanya, karya konseptual penilaiannya berdasarkan rancang gambar karya peserta. Tak hanya itu, para peserta juga memiliki kesempatan berlaga berdasarkan aplikasi bangunan yaitu bangunan hunian dan bangunan komersial Food and Beverages (F&B). Masing-masing pun terbuka bagi Professional dan Mahasiswa Arsitektur serta Interior Designer di seluruh Indonesia dan Malaysia khususnya. Meningkatkan tantangan dari tahun sebelumnya, pada kategori desain konseptual, DAIKIN membuka tantangan bagi kreativitas pesertanya untuk mendesain hunian ataupun bangunan komersial F&B pada lahan seluas kurang dari 1000 meter persegi. “Rancangan tantangan besar ini memberi peluang bagi tiap peserta untuk berinovasi dalam menunjukkan originalitasnya untuk menciptakan karya sebuah ruang ideal dengan sistem tata udara yang mengedepankan sisi estetika dan teknologi DAIKIN,” ujar Shinji Miyata. DAIKIN menyiapkan berbagai apresiasi bagi pemenang dari tiap kategori. Termasuk didalamnya, hadiah uang tunai sejumlah total 530 juta rupiah. Sebagai sebuah rangkaian kegiatan, pendaftaran DAIKIN Proshop Designer Award 2025 resmi dibuka sejak 25 April hingga 31 Agustus 2025. Sesi penjurian sendiri akan berlangsung pada akhir Oktober tahun ini. Menjadi puncak penyelenggaraan, pemberian penghargaan akan dihelat pada 27 November mendatang. Untuk informasi lebih lengkap terkait penyelenggaraan DAIKIN Proshop Designer Award 2025 dapat ditemukan pada situs resmi DAIKIN .
oleh Daikin Indonesia 25 Maret 2025
Bertepatan dengan bulan Ramadan lalu, DAIKIN menyalurkan lebih dari 1000 paket sembilan bahan pokok (sembako) bagi kelompok masyarakat yang membutuhkan. Menyasar pada beberapa wilayah di Jawa Barat dan DKI Jakarta, penyelenggaraannya tahun ini merupakan kolaborasi dua perusahaannya di Indonesia, PT DAIKIN Airconditioning Indonesia (DID) dan PT DAIKIN Industries Indonesia (DIID). Berlangsung serentak pada 25 Maret lalu, penyaluran paket sembako ini berjalan dibawah program tahunan perusahaan bertajuk Roda-Roda Ramadan. Seturut dengan namanya, program ini memang didesain untuk bergulir pada tiap bulan Ramadan. Dalam catatan sepanjang pelaksanaannya pada periode sebelumnya, melalui program ini DAIKIN telah mendapat apresiasi serta penghargaan dari pemerintah. Selain apresiasi dari kementerian sosial, pada periode sebelumnya, DAIKIN juga mendapat penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan untuk pemberian perlindungan bagi pekerja rentan. Pada pelaksanaan tahun ini dalam bentuk penyaluran paket sembako, perusahaan mendistribusikannya di tiga lokasi utama. Selain di wilayah Muara Angke dan Jakarta Selatan, paket sembako ini juga disampaikan bagi masyarakat di desa Pasirranji, Cikarang Pusat, Jawa Barat. Pilihan wilayah Pasirranji sebagai penerima paket sembako DAIKIN, salah satunya terkait dengan lokasinya yang berdekatan dengan pabrik AC hunian terbaru DAIKIN yang berada di kawasan Cikarang Pusat. DAIKIN berharap, melalui program ini, dapat memberikan kebahagiaan bagi masyarakat penerimanya. Sekaligus disisi lain, dapat meningkatkan semangat kepedulian pada masyarakat bagi seluruh pegawainya di Indonesia.
oleh Daikin Indonesia 21 Maret 2025
Berkolaborasi dengan PT Sanga Bayu Dewata, DAIKIN meresmikan DAIKIN Proshop Showroom ke-4 di Bali pada 21 Maret lalu. Peresmian pusat pemasaran dan layanan AC Home Central DAIKIN ini sekaligus menjadi wujud nyata komitmen DAIKIN untuk terus memperluas kehadiran perangkat pendingin udara yang mengutamakan performa sekaligus unsur estetika bagi masyarakat Bali dan sekitarnya. DAIKIN Proshop Showroom Sanga Bayu Dewata menempati sebuah bangunan tiga lantai di Jalan Raya Puputan Renon Komplek Rukan Niti Mandala No. 9, Denpasar. Lokasinya yang berada di ibukota Bali ini dipilih dengan pertimbangan kedekatan radiusnya dengan kawasan hunian dan bisnis yang masih berkembang. Memasuki DAIKIN Proshop Showroom Sanga Bayu Dewata, penataan interior didalamnya justru lebih menyerupai ruang dalam hunian dengan dapur dan ruang tamu yang lengkap dengan ragam produk AC Home Central terimplementasi pada tiap ruang. Sengaja dibuat demikian, untuk memudahkannya menginspirasi pengunjung terkait kenyamanan yang diberikan dengan dukungan sistem tata udara khas AC Home Central DAIKIN. Melengkapi kehadiran berbagai varian AC Home Central yang menjadi produk utamanya, DAIKIN Proshop Showroom ini juga didesain dengan layanan purna jual prioritas. Hal ini dilakukan melalui kesiapsediaan 1x24 jam untuk kebutuhan perawatan dan perbaikan produk AC Home Central dari konsumennya. Lewat kolaborasi kecanggihan AC Home Central dan kelengkapan layanannya, DAIKIN berharap, akan menjadi modal besar bagi DAIKIN Proshop Showroom ini untuk menjadi destinasi utama bagi solusi tata udara premium bagi masyarakat Bali dan sekitarnya. Baik untuk kebutuhan hunian modern maupun bangunan light commercial.
Postingan Lainnya

Book a Service Today