Nota Kesepahaman DAIKIN Dengan KEMENDIKDASMEN Bagi Peningkatan Pendidikan Vokasi

Daikin Indonesia • 13 Agustus 2025

Memperkuat sinergi dengan pemerintah dalam peningkatan kompetensi pendidikan vokasi, PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (13/08). “Ini merupakan penguatan dari komitmen DAIKIN dalam pengembangan kualitas institusi pendidikan vokasi. Tak berjalan sporadis, namun bersinergi dengan pemerintah,” ujar Budi Mulia, Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia.

 

Dilakukan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus, nota kesepahaman ini mencakup delapan ruang lingkup. Termasuk penyelarasan kurikulum, peningkatan kompetensi peserta didik dan tenaga pengajar, penyediaan sarana dan prasarana, pelaksanaan sertifikasi industri, penyediaan praktik kerja lapangan dan magang, hingga penyerapaan tenaga kerja bagi peserta didik yang telah lulus.

 

Kepedulian pada peningkatan kompetensi pendidikan vokasi, bukanlah hal baru bagi DAIKIN. Hingga saat ini perusahaan tercatat telah berkolaborasi dengan 38 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan dua universitas khususnya dalam bidang refrigerasi dan tata udara. Melalui kolaborasi DAIKIN dengan berbagai institusi pendidikan vokasi berjalan hingga pembentukan DAIKIN Center of Excellence.

 

DAIKIN Center of Excellence hadir sebagai sebuah ruang khusus yang didedikasikan bagi pengajaran terkait bidang tata udara. Kelengkapan berbagai perangkat AC DAIKIN terpasang didalamnya dibuat untuk mendukung praktek dan berbagai pelatihan sepanjang tahunnya. “Dengan nota kesepahaman ini, DAIKIN Center of Excellence bakal terus bertambah. Meluas menjangkau lebih banyak institusi pendidikan vokasi di berbagai area di Indonesia,” pungkas Budi Mulia.


You might also like

oleh Daikin Indonesia 13 September 2025
PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) menyatakan kesiapannya dalam meningkatkan kolaborasi dengan Asosiasi Praktisi Pendingin dan Tata Udara Indonesia (APITU). Hal ini dilakukan dalam upaya pengembangan kompetensi teknisi tata udara di Indonesia. “Peningkatan kompetensi diperlukan mengingat peran sentral teknisi sejalan dengan perkembangan dan tantangan industri tata udara, khususnya di Indonesia,” ujar Shinji Miyata, Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia berbicara di tengah penyelenggaraan APITU Berbagi XIII di ROBINSON Resort Cisarua, Bogor (13/08). Menurutnya, karena posisi teknisi yang langsung berhadapan dengan pengguna dalam alur bisnis solusi industri ini. “Dengan posisinya ini, teknisi memiliki peran sentral terkait dengan kepuasan pengguna,” ujarnya. Lebih lanjut Shinji Miyata menuturkan, kolaborasi DAIKIN dengan APITU dalam peningkatan kompetensi teknisi telah terjalin lama. Mulai dari berbagai pelatihan sepanjang tahun dengan pokok bahasan seturut kebutuhan teknisi, hingga pemanfaatan fasilitas pelatihan DAIKIN yang terdapat pada kantor cabangnya bagi pelaksanaan uji kompetensi APITU. Pada berbagai kolaborasi nyata dengan APITU bagi peningkatan kompetensi teknisi inilah, menurut Shinji Miyata lagi, DAIKIN berkomitmen terus mengembangkannya secara berkelanjutan di masa mendatang. Seturut dengan program pemerintah Indonesia yang terus mendorong standarisasi kompetensi tenaga kerja yang tersertifikasi di masing-masing bidangnya termasuk perangkat pendingin dan tata udara.
29 Agustus 2025
Ikuti DAIKIN TikTok Contest untuk dapatkan kesempatan menangkan hadiah menarik dengan mengikuti syarat dan ketentuan dibawah ini: Follow akun TikTok @DAIKINIndonesiaOfficial dan pastikan akun TikTok yang kamu miliki terbuka untuk publik/tidak di private. Buat video TikTok bersama hewan peliharan kamu dan ceritakan kenapa kamu harus menang untuk dapetin hadiah Air Purifier DAIKIN, serta WAJIB menggunakan Filter DAIKIN yang bisa di download DISINI dengan durasi maksimal 2 menit. Ajak dan tag minimal 3 teman kamu buat ikutan tantangan ini. Pastikan untuk menggunakan hastag #DAIKINChallengeID dan #DAIKINFreshAir pada caption. Periode kontes akan berlangsung dari 29 Agustus – 17 September 2025 . Konten video yang dibuat sifatnya WAJIB untuk tidak mengandung SARA dan tidak menjatuhkan/membandingkan dengan merek lain yang serupa. Pastikan video yang kamu buat bisa dilihat oleh publik dan akun TIDAK di private. Video yang dibagikan harus asli dan dibuat sendiri oleh peserta. DAIKIN berhak mendiskualifikasi konten video yang tidak pantas, menyinggung atau menjiplak. Pemilihan pemenang akan dilakukan oleh pihak DAIKIN dan keputusan yang diumumkan tidak bisa diubah sesuai ketentuan dari DAIKIN. 5 PEMENANG TERPILIH akan mendapatkan hadiah menarik dengan total senilai 5 JUTA RUPIAH dan detail masing-masing hadiah yang akan diterima sebagai berikut: Pemenang Utama: 1 unit Air Purifier MC55UVM + saldo e-wallet IDR 500.000 Pemenang Ke-2: Saldo e-wallet IDR 500.000 Pemenang Ke-3: Saldo e-wallet IDR 500.000 Pemenang Ke-4: Saldo e-wallet IDR 500.000 Pemenang ke-5: Saldo e-wallet IDR 500.000 
oleh Daikin Indonesia 23 Agustus 2025
PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) kembali menggelar kompetisi tingkat nasional bagi para teknisi tata udara di National Training Center DAIKIN di Jakarta (23/08). Bertajuk 5th National Service Skill Competition, puncak kompetisi tahunan bagi teknisi internal DAIKIN dan para mitra service-nya ini diikuti 40 peserta yang terpilih sebelumnya dari berbagai tahapan penyisihan. Sebagai ajang kompetisi teknisi DAIKIN tertinggi di Indonesia, penyelenggaraannya didesain dengan dua tujuan utama. Pertama, menjadi evaluasi berkesinambungan DAIKIN atas ketrampilan teknisi. Selain itu, menciptakan lingkungan kompetitif yang mendorong para teknisi terus mengasah kemampuan, sejalan komitmen DAIKIN menghadirkan standar layanan terbaik. “Lebih dari ajang adu keterampilan. Kompetisi ini menjadi simbol komitmen DAIKIN membangun generasi teknisi yang siap bersaing di tingkat global,” ujar shinji Miyata, Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia. Pernyataan ini tak lepas dari keberadaan kompetisi sebagai sarana seleksi teknisi untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi yang sama di tingkat ASEAN dan Oceania di Thailand.  Format kompetisi berlangsung ketat dengan empat materi utama. Mulai dari paper test, troubleshooting, brazing serta customer service. Setiap kategori dirancang untuk menggali kemampuan teknis sekaligus keterampilan komunikasi yang merupakan kunci dalam memberi pelayanan prima. Sebagai apresiasi atas dedikasi dan keterampilan para peserta, DAIKIN memberikan empat kategori penghargaan dalam ajang ini yang masing-masing mewakili kemampuan terbaik pada tiap bidang yang dikompetisikan. Keempatnya yaitu The Best Customer Service, The Best Brazing, The Best Troubleshooting, dan The Best All Competition.

Book a Service Today