Kompetisi Kompetensi Bagi Service Engineer dan Teknisi
Upaya pemeliharaan dan peningkatan kompetensi Field Service Engineer dan teknisi menjadi bagian tak terpisahkan dalam memperkukuh posisi PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) sebagai penyedia solusi tata udara terpercaya di Indonesia. ”Tak hanya lewat berbagai pelatihan yang berlangsung dalam skema khusus dan terjadwal sepanjang tahunnya, namun pula melalui berbagai kompetisi yang menguji kompetensi di lingkungan perusahaan sendiri,” ujar Ruli Sudana, Assistant General Manager After Sales Service DAIKIN .
Seperti halnya yang dihelat pada 27 Mei lalu. DAIKIN mengadakan Service Skill Competition yang dibuat untuk menguji kompetensi Field Service Engineer dan Teknisi terpilih dari berbagai kantor perwakilannya di Indonesia. Sejumlah 30 peserta berlaga dalam kegiatan yang dihelat di National Training Center DAIKIN di kawasan Sunter, Jakarta Utara.
Menantang para pesertanya dalam pemahaman teori dan kemampuan teknis, kompetisi ini menggabungkan antara ujian tertulis dan praktek langsung dengan standar global. Selain dari Brazing (pengelasan) dan Troubleshooting yang menguji pemahaman dalam mengidentifikasi kendala dan perbaikan produk, pemahaman dan kemampuan melakukan refrigerant recovery pun turut menjadi pokok hal yang dipertandingkan.
Lepas dari penghargaan bagi pemenangnya, yang membuat kompetisi ini lebih istimewa, ada pada peluang besar bagi pemenang untuk menguji kompetensinya dalam kompetisi serupa pada tingkat lebih tinggi. Hal ini merujuk pada Service Skill Competition yang mempertandingkan Field Service Engineer dan Teknisi seluruh afiliasi DAIKIN di kawasan Asia Oceania pada Agustus 2023 mendatang. Rancangan kompetisi berjenjang ini dibuat sebagai upaya DAIKIN menjaga standar kompetensi serupa antara seluruh afiliasinya di berbagai negara di dunia.
DAIKIN Indonesia sendiri, menurutnya, memiliki Field Service Engineer yang tercatat sebagai jawara pada kompetisi sejenis antar afiliasi DAIKIN di berbagai negara. ”Hal yang membuktikan keseriusan kami dalam memberikan layanan pada konsumen Indonesia dengan memenuhi standar DAIKIN secara global,” ujar Ruli Sudana pula.
You might also like


