Perkuat Pemasaran AC Premium, DAIKIN Proshop Showroom Bertambah Di Jakarta

Daikin Indonesia • 21 Februari 2025

Langkah PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) dalam mengembangkan pemasaran AC Home Central yang merupakan AC lini premium miliknya, tampak terus menguat. Mengawali tahun ini, perusahaan spesialis tata udara asal Jepang ini meresmikan showroom DAIKIN Proshop terbarunya di Jakarta (21/2). Dilakukan bermitra dengan PT Sentra Aircon Pratama, keberadaannya menjadi DAIKIN Proshop Showroom ke-15 di Jakarta dan sekaligus ke-39 di seluruh Indonesia.


“Menjadi rangkaian besar dari upaya pembukaan DAIKIN Proshop showroom di berbagai area di Indonesia, peresmian showroom AC premium terbaru di Jakarta ini menjadi wujud langkah solid perusahaan dalam komitmennya memperluas budaya baru pada penciptaan solusi tata udara ideal bagi hunian modern dan bangunan light commercial,” ujar Shinji Miyata, Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia berbicara dalam peresmian showroom tersebut. Budaya baru ini, menurutnya, menempatkan pilihan AC beserta rancangan penempatannya dengan tanpa mengorbankan unsur estetika pada keseluruhan tata interior bangunan.


Hal inilah, yang menurutnya lagi, sesuai dengan semangat pengembangan AC Home Central yang menjadi fokus utama DAIKIN Proshop showroom. Bersanding dengan kepraktisan penempatan dan perawatan dari keunikannya yang dapat mengoperasikan beberapa unit indoor hanya dengan satu unit outdoor, AC Home Central DAIKIN dibuat dengan ragam pilihan desain unit indoor yang dapat membaur baik sekaligus meningkatkan estetika keseluruhan ruang. Sementara dari sisi kenyamanan, lebih dari sekedar menawarkan kesejukan, AC Home Central DAIKIN punya kemampuan mengatur tingkat kelembapan udara serta filtrasi berlapis untuk memberi kenyamanan sekaligus dukungan bagi kesehatan pengguna.


Lebih lanjut mengenai DAIKIN Proshop Showroom Sentra Aircon Pratama, lokasinya menempati bangunan ruko dua lantai di bilangan Jalan Raya Kelapa Nias No. 14A Blok QE1, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pilihan lokasi ini,“Harapannya dapat memberikan layanan solusi tata udara dengan cepat dan tanggap bagi masyakarat Jakarta, khususnya Jakarta Utara,” ujar Nicholas Gunawan, pemilik DAIKIN Proshop Sentra Aircon Pratama di sela-sela peresmian.


Meski penjualan menjadi salahsatu fokusnya, memasuki showroom ini bakal tak menjumpai suasana sebuah toko AC. Malahan, penataan interior didalamnya, membawa pengunjung pada nuansa hunian smart modern yang memperhatikan faktor dukungan kesehatan. Didalamnya, pengunjung bakal menjumpai unit AC Cassette Designer Panel dan ducting yang dikombinasikan dengan linear grill terpasang pada salahsatu sudut ruang untuk memberikan gambaran pengaplikasian. Disisi lain, terdapat AC dengan model drop ceiling dengan kemampuan mengontrol kelembaban yang hanya dapat ditemukan di showroom DAIKIN Proshop.  


Aplikasi tata udara untuk dukungan kesehatan pengguna, ditunjukkan showroom ini dengan terapan sistem ventilasi yang mendukung suplai udara dari luar ruang dengan filtrasi baik. Keberadaan sistem ventilasi yang lengkap dengan sensor kualitas udara ini, mampu mengatur kebutuhan udara bersih dalam ruang.


Disisi lain, kunjungan pada DAIKIN Proshop showroom Sentra Aircon Pratama akan memberi peluang untuk berinteraksi langsung dengan Reiri Home. Berwujud aplikasi pintar, menjadi pendukung bagi pengguna AC Home Central DAIKIN dalam mengendalikan operasional masing-masing AC Home Central yang terpasang hanya melalui satu aplikasi. Bahkan, melalui aplikasi Reiri, pengguna dapat mengintegrasikan dengan perangkat lain seperti untuk mengoperasikan sistem ventilasi hingga closed circuit television (CCTV) dalam showroom.


Lepas dari tawaran pengalaman kecanggihan aplikasi sistem tata udara, layanan pun tampil menjadi daya tarik DAIKIN Proshop showroom. Pasalnya, PT Sentra Aircon Pratama mendesain DAIKIN Proshop showroom ini dengan layanan lengkap. Mulai dari pendampingan konsultan profesional yang mengidentifikasi dan memberikan rekomendasi solusi tata udara sesuai kebutuhan unik tiap pengunjung, hingga teknisi tersertifikasi DAIKIN untuk instalasi dan pemeliharaan hingga layanan purna jual. Showroom ini pun menawarkan kecepatan layanan 1x24 jam untuk penanganan kendala produk bersama dengan garansi selama satu tahun bagi pekerjaan instalasi unit AC yang dipasang oleh teknisinya.


Dengan paduan kecanggihan dan kelengkapan layanannya, PT Sentra Aircon Pratama optimis akan keberadaan DAIKIN Proshop showroom ini untuk menuai respon positif masyarakat. “Beriring dengan upaya membuat DAIKIN Proshop showroom ini sebagai destinasi utama bagi solusi tata udara premium, kelengkapan layanan ini sesuai dengan visi kehadiran AC Home Central DAIKIN. Yaitu memberi kenyamanan lebih baik pada penggunanya, bagi hunian premium hingga kebutuhan bangunan light commercial, yang kami sajikan sejak pertama kali kunjungan konsumen,” pungkas Nicholas. 

You might also like

oleh Daikin Indonesia 28 Oktober 2025
Bali, 24–25 Oktober 2025 – PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) mempererat kolaborasi dengan para profesional teknik dan pengelola fasilitas di sektor hospitality dan properti. Melalui cabangnya di Bali, hal ini dilakukan melalui dukungan DAIKIN dalam penyelenggaraan ACE Fiesta 2025 yang berlangsung di Lippo Mall Kuta pada 24-25 Oktober 2025. “Dukungan DAIKIN dalam penyelenggaraan ACE Fiesta 2025 menjadi cermin komitmen kami untuk terus memperkuat hubungan jangka panjang dengan para mitra engineer. Sekaligus menjalin relasi baru dengan pelaku industri melalui solusi tata udara andal dan berkelanjutan,” ujar Erick Sunjaya, Kepala Cabang DAIKIN untuk area Bali dan sekitarnya. Lebih lanjut dikatakannya, dukungan DAIKIN dalam ACE Fiesta tahun ini terhitung merupakan keikutsertaan ke-10 kalinya. Menurut Erick Sunjaya, keikutsertaan ini sekaligus menjadi penanda penting bagi komitmen perusahaan dalam penyelenggaraan kegiatan yang mempertemukan para Chief Engineer dari berbagai hotel, resort dan property di wilayah Bali dan sekitarnya. Hal yang menurutnya tak lepas dari keberadaan ACE Fiesta yang telah menjadi platform strategis industri untuk membangun komunikasi, berbagi pengalaman teknis, serta memperluas jejaring antara para profesional dan penyedia solusi pendukung operasional. Sebagai pendukung dalam penyelenggaraan ACE Fiesta 2025, DAIKIN memperkenalkan lini AC hunian terbaru dengan nama AC DAIKIN Nusantara Prestige. Menjadi pengganti produk AC hunian DAIKIN sebelumnya yang diproduksi di Thailand dan Malaysia, AC Nusantara Prestige dibuat dengan standar kualitas yang berlaku global pada seluruh fasilitas produksi DAIKIN di dunia. Lebih dari itu, AC Nusantara Prestige membawa berbagai peningkatan keunggulan dalam performa, efisiensi energi, serta kemudahan perawatan. Keseluruhannya, menurutnya lagi, dirancang sesuai dengan kebutuhan sistem tata udara di iklim tropis Indonesia. Lebih lanjut Erick Sunjaya berharap, melalui penyelenggaraan ACE Fiesta 2025, akan dapat memperkuat kehadiran DAIKIN sebagai mitra sepadan yang dapat diandalkan bagi para profesional teknik dan pengelola fasilitas di sektor hospitality dan properti. “Sejalan dengan harapan kesuksesan penyelenggaraan ACE Fiesta tahun ini, kami berharap kolaborasi baik yang terjalin ini akan dapat semakin memperluas kehadiran solusi tata udara pada sektor hospitality dan property yang memberi kenyamanan sekaligus perhatian pada dukungan kesehatan penggunanya,” pungkas Erick Sunjaya.
oleh Daikin Indonesia 20 Oktober 2025
Pembinaan kompetensi bagi para teknisi DAIKIN Indonesia yang berjalan berkesinambungan, membuahkan hasil membanggakan. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan dua teknisi yang mewakili Indonesia, meraih gelar juara dalam ajang The 5th ASE-Oce Service Skill Competition 2025 pada 16-17 Oktober lalu di Bangkok, Thailand. Tak main-main, keduanya meraih gelar juara untuk kategori skor gabungan terbaik yang meliputi kemampuan brazing, troubleshooting dan uji tulis. Ahmad Setiawan sebagai teknisi DAIKIN dari Indonesia, meraih peringkat pertama untuk kategori tertinggi ini. Sementara, Yongki Lukmana yang menjadi rekannya pun meraih prestasi tak kalah istimewa. Selain duduk sebagai juara ketiga untuk kategori utama ini, dirinya juga mengukir prestasi sebagai juara kedua khusus untuk keahlian troubleshooting. Membanggakannya prestasi kedua teknisi DAIKIN ini tak lepas dari keberadaan The 5th ASE-Oce Service Skill Competition 2025. Sebagai kompetisi tahunan yang memiliki tujuan utama menjaga dan meningkatkan kemampuan teknisi agar sesuai standar global DAIKIN, gengsi kompetisi ini ada pada pesertanya yang mempertemukan para teknisi terbaik hasil seleksi dari 11 afiliasi DAIKIN di Kawasan Asia dan Oseania. Dengan total 19 peserta, masing-masing mengadu kompetensinya dalam berbagai tantangan teknis terkait tata udara (air conditioning) yang terbagi dalam tiga bidang utama. Keseluruhannya dirancang menyerupai kondisi kerja teknisi di lapangan. Ketiganya yaitu uji tertulis yang meliputi berbagai materi. Termasuk didalamnya dasar-dasar AC, dasar AC hunian, service news, troubleshooting, kontrol dan operation data. Kedua yaitu brazing yang lebih menitikberatkan pada kemampuan pengelasan komponen AC. Bidang ketiga yaitu troubleshooting, lebih menekankan pada simulasi situasi kerja nyata dalam penggantian maupun perbaikan komponen pada AC untuk hunian. Masing-masing bidang inilah yang kemudian menjadi kategori yang dilombakan. Sementara peserta dengan raihan skor gabungan tertinggi, menjadi juara umum dengan penghargaan tersendiri. Terpilihnya kedua teknisi tadi menjadi wakil Indonesia pada kompetisi di tingkat Asia-Oseania ini bukanlah tanpa proses panjang. Sebelumnya, kedua teknisi wakil DAIKIN Indonesia ini telah menjalani seleksi melalui keikutsertaannya pada Service Skill Competition di tingkat nasional. Diikuti ratusan teknisi terbaik, baik dari internal perusahaan maupun eksternal yang menjadi mitra layanan resmi Daikin di seluruh Indonesia, ajang ini sengaja dibuat sekaligus untuk memantau tingkat kompetensi para teknisi DAIKIN di Indonesia. Keberhasilan ini menambah deretan capaian membanggakan DAIKIN Indonesia di ajang internasional. Sebelumnya, pada tahun 2023, Indonesia juga berhasil menorehkan prestasi dengan meraih peringkat ke-3 dalam kategori terbaik dan peringkat ke 3 kategori Brazing. Konsistensi ini memperlihatkan bagaimana pembinaan berkelanjutan yang dijalankan perusahaan mampu menghasilkan teknisi dengan keahlian yang terus berkembang dari tahun ke tahun. “Prestasi ini merupakan hasil nyata dari dedikasi dan kerja keras seluruh tim teknis kami yang terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” ujar Shinji Miyata – Presiden direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia. Lebih lanjut dikatakannya, DAIKIN Indonesia akan terus memperkuat program pengembangan sumber daya manusia teknisinya melalui berbagai pelatihan, termasuk bersertifikasi internasional.  Dilakukan melalui pusat pelatihan DAIKIN maupun kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan, keseluruhan upaya ini menjadi bagian langkah besar DAIKIN Indonesia dalam membangun generasi teknisi yang profesional, berintegritas dengan kompetensi tingkat global.
oleh Daikin Indonesia 17 Oktober 2025
Lombok, 17 Oktober 2025 — Sukses penyelenggaraan DAIKIN Solution Seminar di Bali pada bulan sebelumnya, PT Daikin Airconditioning Indonesia melanjutkan inisiatif serupa ke Lombok , Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen berkelanjutan perusahaan untuk menghadirkan solusi HVAC yang efisien, handal dan berkelanjutan di kawasan Indonesia timur yang tengah berkembang pesat. Dengan peserta dari kalangan profesional di bidang HVAC, dalam kegiatan ini DAIKIN memberikan paparan mendalam mengenai tren teknologi pendingin udara terkini, strategi penerapan sistem hemat energi, serta dukungan teknis yang disediakan DAIKIN melalui jaringan layanan purna jual yang luas di seluruh Indonesia. Pemilihan Lombok sebagai lokasi berikutnya tak lepas dari pertimbangan karakteristik pasar yang memiliki kesamaan dengan Bali. Hal ini setidaknya dari segi kondisi iklim tropis, maupun potensi pertumbuhan sektor hospitality dan hunian. Disisi lain, Perkembangan kawasan Mandalika yang kini menjadi destinasi internasional berkat penyelenggaraan ajang seperti MotoGP Mandalika, turut mendorong peningkatan kebutuhan sistem tata udara yang modern dan hemat energi. “Kami melihat potensi besar di Lombok, khususnya Mandalika, sebagai kawasan strategis dengan pertumbuhan pesat di sektor pariwisata dan properti,” ungkap Erick Sunjaya, kepala cabang DAIKIN untuk wilayah Bali dan sekitarnya. Hal inilah yang mendorong DAIKIN membawa lengkap berbagai inovasi terbaru yang membentang sebagai solusi bagi hunian hingga bangunan komersial. Termasuk diantaranya, VRV (Variable Refrigerant Volume) Generasi ke-6 yang hadir dengan varian VRV 6A dan VRV 6X. Inovasi pada sistem tata udara bagi bangunan komersial ini membuatnya memiliki efisiensi energi lebih tinggi serta kenyamanan optimal pada berbagai tipe bangunan. Selain itu, DAIKIN juga menampilkan seri AC Nusantara Prestige . Menjadi lini produk AC hunian pertama produksi Indonesia, inovasi pada tiap model didalamnya mewakili kolaborasi teknologi dan kualitas DAIKIN global dengan kebutuhan spesifik pasar Indonesia. Turut menjadi sorotan utama dalam kegiatan ini adalah teknologi Marutto (AI) Cloud Monitoring System . Menjadi sistem pemantauan berbasis kecerdasan buatan, memungkinkan pengguna untuk mengawasi performa sistem HVAC secara real-time. Teknologi ini memberikan kemudahan dalam mendeteksi potensi gangguan lebih awal, meningkatkan efisiensi operasional, serta menekan biaya perawatan. Penerapannya sangat relevan bagi sektor hospitality dan commercial di kawasan Mandalika yang menuntut performa sistem tata udara yang stabil sekaligus efisien sepanjang waktu. Lebih lanjut Erick Sunjaya menyatakan, dengan berbagai inovasi dan dukungan teknis komprehensif yang menjadi tawaran besarnya, DAIKIN berharap dapat terus meningkatkan kehadirannya di Lombok dan bagian Indonesia Timur. “Tak hanya sebagai penyedia produk, namun menjadi mitra strategis dalam menghadirkan solusi tata udara yang efisien, cerdas dan ramah lingkungan. Langkah yang didasari komitmen DAIKIN untuk menjadi bagian dari pembangunan berkelanjutan di Indonesia timur sejalan dengan visi perusahaan untuk menciptakan udara lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan,” pungkas Erick Sunjaya.

Book a Service Today