Resmikan Pusat Keunggulan Pertama di SMK, DAIKIN Tingkatkan Kompetensi Siswa Didik Sekolah Vokasi

Daikin Indonesia • Des 13, 2023

Jakarta – Menjadi bagian upaya perusahaan dalam pengembangan pendidikan vokasi, PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) meresmikan pembukaan Pusat Keunggulan DAIKIN pertama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hari ini (13/12). Menjadi pengembangan kolaborasinya dengan sekolah vokasi, spesialis solusi tata udara asal Jepang dengan pengalaman hampir satu abad di dunia ini menyatakan berkomitmen mengembangkan Pusat Keunggulan DAIKIN ini dalam kualitas maupun jumlahnya di Indonesia. 


“Tak sekedar dukungan perangkat untuk praktek guru dan siswa, kami mendesain Pusat Keunggulan DAIKIN ini sebagai tempat bagi pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kompetensi siswa didik dari institusi pendidikan vokasi yang khususnya terkait refrigerasi dan tata udara,” ujar Shinji Miyata, Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia. Termasuk didalamnya, menurut Shinji Miyata lagi, keterlibatan langsung DAIKIN dalam memberikan pelatihan maupun pengujian bagi siswa serta tenaga pengajar. 


Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 29 Jakarta ditunjuk menjadi Pusat Keunggulan DAIKIN pertama ini. Berada di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Pusat Keunggulan DAIKIN ini menempati sebuah ruang kelas khusus. Didalamnya, sejumlah perangkat tata udara untuk kebutuhan hunian maupun bangunan komersial tersedia. Sementara berbagai pengetahuan terkait dengan tata udara tersemat menjadi bagian ornamen dindingnya. 


Lebih lanjut Shinji Miyata menyatakan, pendirian Pusat Keunggulan DAIKIN ini merupakan bagian upaya perusahaan dalam meningkatkan kolaborasi dan memperkuat sinergi dengan pemerintah untuk membangun pendidikan berkualitas. “Dari sisi pelaku industri, DAIKIN percaya, kualitas pendidikan yang semakin baik akan memberikan peluang semakin besar bagi kami untuk mendapatkan sumber daya manusia dengan kompetensi unggul. Hal yang menjadi salahsatu kunci utama kemajuan perusahaan,” ujar Shinji Miyata pula. 


Pernyataan ini, menurut Budi Mulia selaku Direktur PT. Daikin Airconditioning Indonesia, terkait dengan perjalanan DAIKIN dalam operasionalnya di Indonesia. Menjadi spesialis solusi tata udara sepanjang hampir satu abad di dunia, DAIKIN memulai tapak keberadaannya di Indonesia sejak lima puluh tahun yang lalu. Sepanjang itu pula, DAIKIN berkembang dengan menjaga reputasinya di tengah masyarakat Indonesia hingga menjadi pemimpin pasar penyejuk udara (Air Conditioner – AC) di Indonesia. Tak hanya melalui kualitas tinggi dalam produk, namun pula dalam layanan yang diberikan. 


Hingga saat ini, DAIKIN tercatat memiliki 16 kantor perwakilan yang tersebar menyentuh berbagai wilayah di Indonesia. Beriring dengannya, DAIKIN memiliki sekitar 1,400 mitra bisnis yang mendukung dalam distribusi produk dan layanannya. 


Bahkan, Budi Mulia menyatakan, tahun depan bakal menjadi fase baru bagi DAIKIN di Indonesia. Hal ini terkait dengan rencana besar DAIKIN untuk memulai produksi AC di dalam negeri melalui fasilitas produksi yang tengah dibangun di kawasan Cikarang. “Pada jejak perjalanan ini dan dengan rencana besar DAIKIN kedepan inilah, kami menyadari kualitas sumber daya manusia sangat berperan. Tak hanya bagi DAIKIN, namun pula bagi industri secara keseluruhan,” ujarnya pula. 


Kesadaran inilah yang kemudian membuat DAIKIN bersinergi dengan pemerintah Indonesia. Salahsatu tonggaknya melalui penandatanganan nota kesepahaman dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia sejak 25 Juli 2019 silam.


Kerjasama yang dibangun sesuai kerangka nota kesepahaman ini meliputi penyelarasan kurikulum, pelaksanaan sertifikasi industri bagi guru dan siswa, pengadaan pelatihan dari DAIKIN sebagai guru tamu, praktek kerja lapangan bagi guru dan siswa, hingga donasi unit praktek untuk mendukung pembelajaran di sekolah. Sejak saat itu, DAIKIN terhitung telah menjalin kerjasama dengan 37 SMK dan 8 Balai Latihan Kerja di Indonesia. 

Lebih lanjut terkait dengan Pusat Keunggulan DAIKIN, dikatakan Budi Mulia, selain akan lebih menaruh perhatian untuk menginsentifkan berbagai hal yang telah menjadi pokok kerjasama sebelumnya, sekolah yang dikembangkan sebagai Pusat Keunggulan akan pula menjadi tempat pelatihan sekaligus penyelenggaraan uji kompetensi berbasis standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Disamping pula, penguatan untuk menjadikannya sebagai pusat pelatihan dan pengembangan tata udara. 


Untuk mewujudkan hal tersebut, DAIKIN telah menyiapkan peta jalan. Termasuk didalamnya, menjadikan Pusat Keunggulan DAIKIN tak hanya menjadi tempat pelatihan dan pengembangan kompetensi internal sekolah, namun pula mencakup pihak luar sekolah tersebut. “Menjadikan Pusat Keunggulan terbuka bagi pengembangan siswa maupun guru sekolah lain, termasuk mitra industri kami, menjadi upaya untuk terjadinya dialog dan transfer keilmuan serta keahlian yang bakal berkontribusi bagi pengembangan pendidikan maupun industri tata udara di masa mendatang,” ujar Budi Mulia pula. 


Terkait tujuan besarnya ini, Budi Mulia menyatakan, DAIKIN sendiri menyatakan akan secara simultan mengembangkan beberapa SMK yang tersebar di Indonesia menjadi Pusat Keunggulan DAIKIN berikutnya. Tak hanya di seputaran Jakarta, rencana pengembangan ini bahkan dikatakannya akan menyentuh hingga di berbagai pulau lain di Indonesia. 


“Seturut dengan upaya bersinergi pada peningkatan kualitas pendidikan, pemerataan akses pun menjadi titik fokus kami dalam pembangunan Pusat Keunggulan DAIKIN,” ujar Budi Mulia pula. Terkait dengan rencana besarnya ini, selain menimbang kemampuan sekolah, DAIKIN akan berupaya meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat maupun setempat. “Kami percaya, sinergi baik antara industri dan pemerintah akan menjadi kunci kesuksesan pengembangan sumber daya manusia Indonesia,” pungkas Budi Mulia. 

You might also like

oleh Daikin Indonesia 03 May, 2024
Dibawah tema besar “Beyond Customer Expectation”, DAIKIN Service Partner Policy Meeting & Awarding 2024 terselenggara di Jakarta pada 3 Mei lalu. Selain menjadi wadah untuk mensosialisasikan kebijakan baru dalam ranah layanan purna jual, kegiatan ini juga menjadi ajang apresiasi atas mitra bisnis DAIKIN dalam layanan purna jual. Dalam kegiatan tersebut, DAIKIN menekankan arah pengembangan layanan purna jualnya di Indonesia. Termasuk didalamnya penciptaan standar kinerja tinggi dalam melayani. Hal ini dicapai melalui kualitas teknis sumber daya manusia, kecepatan, keandalan, keramahan dan digitalisasi dalam proses bisnis untuk mencapai efektivitas kerja teknisi. Untuk mendukung hal tersebut, DAIKIN diantaranya telah menyiapkan ragam pelatihan bagi sumber daya manusia para mitra bisnisnya. Pada kesempatan yang sama, DAIKIN pun memberikan fokus khusus yang mengajak para mitra bisnisnya turut berkontribusi dalam komitmen perusahaan mengatasi dampak lingkungan. Dengan dua fokus utama yaitu pengurangan emisi karbon dan pemulihan refrigerant. Bila pengurangan emisi karbon salahsatunya melalui dukungan pada AC berbasis inverter, DAIKIN menjadi pionir dan satu-satunya perusahaan solusi tata udara yang menyediakan layanan refrigerant recovery. Seturut dengan komitmen pemerintah dalam penurunan bertahap konsumsi refrigerant terkait dampak perubahan iklim, layanan refrigerant recovery dapat menjadi sebuah bisnis baru bagi para mitra bisnis DAIKIN. Meningkatkan kietersediaan layanan, yang berjalan seiring dengan kepedulian pada lingkungan. Seiring dengan semangat layanan DAIKIN. Memberikan layanan terbaik, melampaui harapan konsumennya.
oleh Daikin Indonesia 29 Apr, 2024
Dapatkan AC DAIKIN Inverter baru Anda cuma 670 ribu dengan pembelian melalui Home Credit. Setiap pembelian paket AC ini akan dilengkapi intalasi dengan pipa DAIKIN (DSP). Syarat dan ketentuan bisa Anda lihat pada penjelasan dibawah ini: Periode promo mulai dari 1 Mei - 30 Juli 2024 Promo hanya berlaku di Dealer i-SHOP tertentu* Promo hanya berlaku untuk pembelian oleh konsumen perorangan (tidak berlaku untuk pembelian Grosir, Sub Dealer, Proyek / Intitusi) Promo hanya berlaku bagi konsumen yang telah memenuhi syarat pengajuan pada aplikasi Home Credit Indonesia (HCI) Promo hanya berlaku untuk tipe: ZETA (FTKZ) / STAR (FTKC) / FLASH (FTKQ) / EVO (FTKF) / MULTI-S + Paket Instalasi Pipa DAIKIN (DSP) + 1x Cuci AC Anda dapat mengikuti langkah berikut agar bisa menggunakan promo ini menggunakan Home Credit: Unduh Aplikasi “Home Credit - Cicilan & Pinjaman” pada Play Store / App Store. Buka aplikasinya, lakukan registrasi pada aplikasi Home Credit Indonesia. Jika konsumen layak mengajukan cicilan, datangi toko yang sudah bekerja sama dengan HCI dan bertemu Sales Agent HCI untuk proses lebih lanjut. Sales Agent HCI akan membantu konsumen dalam proses pengambilan kredit HCI.
oleh Daikin Indonesia 23 Apr, 2024
Denpasar, 22 April - PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) bermitra dengan CV Dian Mandiri meresmikan pembukaan DAIKIN Proshop Showroom terbarunya di Denpasar, Bali (22/4). “Hadirnya DAIKIN Proshop Showroom Dian Mandiri menegaskan langkah DAIKIN dalam memperluas pemasaran AC Home Central sebagai solusi pendingin udara yang berfokus pada hunian kelas premium dan bangunan light commercial bagi masyarakat Bali,” ujar Shinji Miyata, President Director PT Daikin Airconditioning Indonesia dalam sambutannya pada seremoni peresmian showroom DAIKIN Proshop tersebut. Lebih lanjut dikatakannya, pembukaan DAIKIN Proshop Showroom terbaru ini sekaligus menjadi bagian upaya DAIKIN dalam mempertegas langkah ekspansinya bagi pemasaran lini produk premium AC Home Central di Indonesia. Dengan pembukaan showroom AC premium terbaru ini, perusahaan AC asal Jepang ini terhitung telah memiliki 36 DAIKIN Proshop Showroom yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. AC Home Central DAIKIN yang menjadi lini produk utama dalam DAIKIN Proshop Showroom sendiri merupakan penyejuk udara kelas premium yang ditujukan bagi hunian modern dan kebutuhan bangunan light commercial seperti café dan restoran. Tak cuma menawarkan kepraktisan penempatan dan perawatan dari keunikannya yang membuatnya dapat mengoperasikan beberapa unit indoor hanya dengan satu unit outdoor, AC Home Central DAIKIN memiliki ragam pilihan desain unit indoor yang dapat membaur pada ruang dan meningkatkan estetika keseluruhan ruang. Sementara dari sisi kenyamanan, bersama dengan kesejukan yang dibawanya, AC DAIKIN Home Central juga memiliki kemampuan mengatur tingkat kelembapan udara sehingga mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri dalam ruang berikut dengan filtrasi berlapis untuk mengeliminasi berbagai partikel merugikan kesehatan. “Hal inilah diantaranya yang membuat AC Home Central DAIKIN semakin menjadi pilihan bagi hunian maupun bangunan light commercial. Utamanya bagi pengaplikasian pada ruang yang membutuhkan perhatian pada penjagaan tingkat kelembapan,” ujar Shinji Miyata lagi. Terkait dengan lokasi, DAIKIN Proshop Showroom Dian Mandiri menempati bangunan rumah toko (ruko) dua lantai pada Komplek Pertokoan Ngurah Rai di bilangan Jalan Bypass Ngurah Rai Kuta No. 28 Denpasar, Bali. Selain berada di jalur utama menuju Bandara Internasional Ngurah Rai, lokasi ini dipilih dengan pertimbangan jaraknya yang dekat dengan destinasi kuliner dan pembangunan berbagai proyek baru yang ramai pengunjung. “Keberadaannya di wilayah strategis seturut harapan besar kami pada kehadirannya. Memberikan layanan solusi tata udara premium yang lengkap dengan cepat dan tepat bagi masyarakat di wilayah Bali,” ujar Desira Triyanti, pemilik DAIKIN Proshop Dian Mandiri di sela-sela peresmian. Lebih dari kelengkapan produk AC Home Central yang ada didalamnya, lanjut Desira Triyanti, aspek solusi lengkap pada DAIKIN Proshop Showroom ini juga menyentuh hingga layanan bagi pengunjung dan pengguna. Mulai dari pendampingan konsultan profesional yang memberikan rekomendasi solusi tata udara yang tepat bagi pengunjung, teknisi tersertifikasi DAIKIN untuk instalasi dan pemeliharaan hingga layanan purna jual. Membuatnya semakin istimewa, seluruh konsumen DAIKIN Proshop Showroom Dian Mandiri akan mendapatkan layanan purna jual 1x24 jam untuk kebutuhan perawatan dan perbaikan produk AC Home Central miliknya. “Kelengkapan layanan ini didesain sesuai dengan visi DAIKIN Proshop Showroom untuk menjadi destinasi utama bagi solusi tata udara premium. Bagi hunian maupun pendukung kegiatan bisnisnya,” ujar Desira Triyanti. Lebih lanjut ia menyatakan optimismenya terkait penerimaan positif dari masyarakat terkait pembukaan DAIKIN Proshop Showroom CV Dian Mandiri. Dukungan produk inovatif dan layanan yang disiapkan didalamnya, bersanding dengan pengalaman panjang CV Dian Mandiri pada industri solusi tata udara. Memulai debutnya pada tahun 1994 sebagai kontraktor, perusahaan ini tumbuh dengan melakukan pengembangan untuk memberikan layanan bagi kebutuhan ventilasi dan pendingin udara pada tahun 2010. Beranjak kemudian menjadi bagian dari dealer DAIKIN Proshop di tahun 2022. “Kami bangga dapat bermitra dengan CV Dian Mandiri yang memiliki rekam jejak dan reputasi baik sepanjang perjalanannya. Kesamaan komitmen dan semangat untuk bersama berkembang melalui keberadaan DAIKIN Proshop showroom ini akan menjadi modal besar bagi kesuksesan lebih tinggi yang dicapai dari pelayanan terbaik yang dihadirkannya,” pungkas Shinji Miyata.
Postingan Lainnya

Book a Service Today

Share by: