Semakin Ekspansif, DAIKIN Resmikan Showroom Proshop Kedua di Semarang

Daikin Indonesia • 18 September 2025

Langkah ekspansi PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) dalam memasarkan lini produk AC Home Central masih terus berlanjut. Hal ini dilakukan dengan terus menambah keberadaan DAIKIN Proshop Showroom yang menjadi kanal pemasaran utama solusi tata udara bagi hunian modern dan bangunan light commercial ini ke berbagai wilayah di Indonesia.


Terbaru, bermitra dengan CV Rajawali Putera Utama, perusahaan solusi tata udara ini meresmikan pembukaan DAIKIN Proshop Showroom di Semarang, Jawa Tengah pada hari ini (17/9). Ini merupakan peresmian DAIKIN Proshop Showroom ke-2 di Semarang yang sekaligus menjadikannya ke-43 di Indonesia.


“Peresmian ini menjadi wujud nyata komitmen DAIKIN dalam memperluas budaya baru dalam penciptaan solusi tata udara yang tak hanya mengedepankan performa, namun juga unsur estetika,” ujar Shinji Miyata, Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia dalam sambutannya pada acara pembukaan showroom DAIKIN Proshop tersebut.


Pernyataan ini terkait keunggulan AC Home Central DAIKIN sebagai lini produk utama dalam DAIKIN Proshop Showroom. Dari sisi instalasi hingga perawatan, AC Home Central DAIKIN memiliki rancangan yang membuatnya dapat mengoperasikan beberapa unit indoor dengan hanya tersambung pada satu unit outdoor. Sementara kemampuannya dalam meningkatkan estetika keseluruhan ruang, diperolehnya dari keberadaan ragam pilihan desain unit indoor yang dapat membaur dan meningkatkan estetika keseluruhan ruang.


Tak hanya itu, lebih dari tawaran kesejukan, AC DAIKIN Home Central dibuat dengan kemampuan mengatur tingkat kelembapan udara untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. “Hal inilah yang diantaranya membuat AC Home Central DAIKIN menjadi solusi utama kami bagi hunian modern dan bangunan light commercial seperti kafe maupun restoran,” ujar Shinji Miyata lagi.


Lebih lanjut terkait DAIKIN Proshop Showroom ke-2 di Semarang ini, lokasinya menempati sebuah bangunan di Jalan Kasipah No. 9 Semarang. “Keberadaannya di tengah kawasan properti menengah atas dan premium, memastikan kehadirannya dekat dengan calon pengguna yang menjadi peluang besar untuk menawarkan produk AC berkualitas,” ujar Radityo Wicaksono, Pemilik Daikin Proshop Rajawali Putera Utama.


Terkait dengan penataan interior, mengunjungi showroom DAIKIN Proshop ini jauh dari kesan seperti berada dalam sebuah toko. Hal ini tak lepas dari konsep smart home melalui penataan interior modern yang berpadu dengan sistem tata udara canggih dari ragam AC Home Central DAIKIN.


AC cassette designer panel dan ducting, menjadi dua model AC Home Central DAIKIN yang disematkan. Dipadukan dengan linear grill, keberadaannya membuat distribusi udara merata sehingga memberikan kenyamanan optimal di setiap sudut ruang dalam showroom. Disisi lain, terapan model drop ceiling yang terpasang, juga mampu mengontrol kelembaban dan suhu ruang secara presisi.


Kenyamanan kunjungan juga bakal didapat dari kualitas udara bersih dan sehat. Hal ini karena showroom DAIKIN Proshop ini memiliki sistem ventilasi fresh air yang menyuplai udara segar dari luar dan menyaringnya agar tetap bebas debu dan polusi. Terdapat pula sensor kualitas udara yang mampu memantau kebutuhan udara bersih secara real-time, sehingga pengunjung dapat melihat langsung cara kualitas udara dijaga di dalam showroom.


Menguatkan kesan smart home showroom ini juga mengaplikasikan integrasi antar perangkat yang dilakukan melalui dukungan DAIKIN Reiri. Keberadaannya membuat keseluruhan sistem mulai dari AC, sistem ventilasi, hingga CCTV terhubung dan dapat dikendalikan langsung melalui smartphone.


Tak hanya menyediakan kecanggihan aplikasi sistem tata udara, DAIKIN Proshop Showroom CV Rajawali Putera Utama juga menawarkan layanan lengkap bagi pengunjungnya. Mulai dari pendampingan konsultan profesional yang siap mengindentifikasi dan memberikan rekomendasi solusi tata udara sesuai kebutuhan tiap pengunjung, hingga teknisi tersertifikasi DAIKIN untuk instalasi dan pemeliharaan.


Termasuk pula, garansi bagi pekerjaan instalasi hingga layanan purna jual. “Layanan menyeluruh ini menjadi pendukung yang kami siapkan benar, memastikan kenyamanan setiap pengunjung dan calon pengguna AC Home Central DAIKIN,” ujar Radityo Wicaksono lagi. 

Lebih lanjut bicara terkait kolaborasinya dengan DAIKIN dalam pembukaan showroom ini, menurut Radityo Wicaksono, tak lepas dari rekam jejak CV Rajawali Putera Utama yang berpengalaman di industri mekanikal dan elektrikal bangunan, khususnya bangunan komersial mulai dari arsitek hingga kontraktor. Hal ini, menurutnya, menjadi modal besar dalam kesiapan menjawab seluruh kebutuhan AC dengan berbagai gaya arsitektur dan interior bagi hunian modern.



“Berpadu dengan keistimewaan desain dan teknologi teruji dari AC Home Central DAIKIN yang didukung layanan spesial, kami optimis showroom DAIKIN Proshop Rajawali Putera Utama ini siap memenuhi kebutuhan tata udara yang bukan hanya nyaman, tapi juga memiliki estetika ruang bagi masyarat di wilayah Semarang dan sekitarnya,” tutup Radityo Wicaksono.

You might also like

oleh Daikin Indonesia 1 November 2025
BEBAS WORRY SELAMA 30 HARI!!! Ganti unit baru dalam 30 hari kalau unit AC tidak bekerja dengan optimal dengan memperhatikan syarat dan ketentuan dibawah ini: Periode promo mulai dari 1 November 2025 - 31 Januari 2026 Berlaku untuk seri DAIKIN Nusantara Prestige semua tipe: ALPHA Inverter (FTKH-Y), BETA Inverter (FTKE-Y) dan SMS (STC-Y) Berlaku 30 hari setelah tanggal pembelian dengan menunjukkan kartu garansi dan nota pembelian (invoice) Hanya berlaku bagi unit yang telah dilaporkan melalui DAIKIN Contact Center di nomer 0800 1 081 081 atau WA Official 0811 9 048 058 dan telah dilakukan pengecekan oleh Teknisi DAIKIN Penggantian unit baru hanya berlaku untuk segala jenis kerusakan yang bukan disebabkan pada proses instalasi dan sesuai ketentuan yang tertera pada Kartu Garansi DAIKIN Penggantian unit baru hanya berlaku untuk unit yang mengalami kendala saja (Indoor unit atau Outdoor unit saja) Konsumen TIDAK DIKENAKAN biaya apapaun untuk proses penggantian unit baru. Termasuk biaya bongkar pasang dan material (refrigeran) GARANSI TIDAK BERLAKU ATAU BATAL APABILA: Kerusakan terjadi karena salah pemakaian, unit jatuh, kelalaian, unit dirubah atau dimodifikasi pihak lain, bencana alam (seperti: kebakaran, gempa bumi, tersambar petir, banjir, dsb, serta faktor eksternal lainnya seperti jamur, hewan & virus Nomer seri unit telah hilang, dihapus, dirumah atau terdapat coretan Produk terpasang tidak sesuai fungsi seharusnya Unit dihubungkan pada sumber listrik yang tegangannya tidak sesuai dengan yang ditentukan oleh spesifikasi teknik yang tercantum pada unit
oleh Daikin Indonesia 25 Oktober 2025
Bali, 24–25 Oktober 2025 – PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) mempererat kolaborasi dengan para profesional teknik dan pengelola fasilitas di sektor hospitality dan properti. Melalui cabangnya di Bali, hal ini dilakukan melalui dukungan DAIKIN dalam penyelenggaraan ACE Fiesta 2025 yang berlangsung di Lippo Mall Kuta pada 24-25 Oktober 2025. “Dukungan DAIKIN dalam penyelenggaraan ACE Fiesta 2025 menjadi cermin komitmen kami untuk terus memperkuat hubungan jangka panjang dengan para mitra engineer. Sekaligus menjalin relasi baru dengan pelaku industri melalui solusi tata udara andal dan berkelanjutan,” ujar Erick Sunjaya, Kepala Cabang DAIKIN untuk area Bali dan sekitarnya. Lebih lanjut dikatakannya, dukungan DAIKIN dalam ACE Fiesta tahun ini terhitung merupakan keikutsertaan ke-10 kalinya. Menurut Erick Sunjaya, keikutsertaan ini sekaligus menjadi penanda penting bagi komitmen perusahaan dalam penyelenggaraan kegiatan yang mempertemukan para Chief Engineer dari berbagai hotel, resort dan property di wilayah Bali dan sekitarnya. Hal yang menurutnya tak lepas dari keberadaan ACE Fiesta yang telah menjadi platform strategis industri untuk membangun komunikasi, berbagi pengalaman teknis, serta memperluas jejaring antara para profesional dan penyedia solusi pendukung operasional. Sebagai pendukung dalam penyelenggaraan ACE Fiesta 2025, DAIKIN memperkenalkan lini AC hunian terbaru dengan nama AC DAIKIN Nusantara Prestige. Menjadi pengganti produk AC hunian DAIKIN sebelumnya yang diproduksi di Thailand dan Malaysia, AC Nusantara Prestige dibuat dengan standar kualitas yang berlaku global pada seluruh fasilitas produksi DAIKIN di dunia. Lebih dari itu, AC Nusantara Prestige membawa berbagai peningkatan keunggulan dalam performa, efisiensi energi, serta kemudahan perawatan. Keseluruhannya, menurutnya lagi, dirancang sesuai dengan kebutuhan sistem tata udara di iklim tropis Indonesia. Lebih lanjut Erick Sunjaya berharap, melalui penyelenggaraan ACE Fiesta 2025, akan dapat memperkuat kehadiran DAIKIN sebagai mitra sepadan yang dapat diandalkan bagi para profesional teknik dan pengelola fasilitas di sektor hospitality dan properti. “Sejalan dengan harapan kesuksesan penyelenggaraan ACE Fiesta tahun ini, kami berharap kolaborasi baik yang terjalin ini akan dapat semakin memperluas kehadiran solusi tata udara pada sektor hospitality dan property yang memberi kenyamanan sekaligus perhatian pada dukungan kesehatan penggunanya,” pungkas Erick Sunjaya.
oleh Daikin Indonesia 20 Oktober 2025
Pembinaan kompetensi bagi para teknisi DAIKIN Indonesia yang berjalan berkesinambungan, membuahkan hasil membanggakan. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan dua teknisi yang mewakili Indonesia, meraih gelar juara dalam ajang The 5th ASE-Oce Service Skill Competition 2025 pada 16-17 Oktober lalu di Bangkok, Thailand. Tak main-main, keduanya meraih gelar juara untuk kategori skor gabungan terbaik yang meliputi kemampuan brazing, troubleshooting dan uji tulis. Ahmad Setiawan sebagai teknisi DAIKIN dari Indonesia, meraih peringkat pertama untuk kategori tertinggi ini. Sementara, Yongki Lukmana yang menjadi rekannya pun meraih prestasi tak kalah istimewa. Selain duduk sebagai juara ketiga untuk kategori utama ini, dirinya juga mengukir prestasi sebagai juara kedua khusus untuk keahlian troubleshooting. Membanggakannya prestasi kedua teknisi DAIKIN ini tak lepas dari keberadaan The 5th ASE-Oce Service Skill Competition 2025. Sebagai kompetisi tahunan yang memiliki tujuan utama menjaga dan meningkatkan kemampuan teknisi agar sesuai standar global DAIKIN, gengsi kompetisi ini ada pada pesertanya yang mempertemukan para teknisi terbaik hasil seleksi dari 11 afiliasi DAIKIN di Kawasan Asia dan Oseania. Dengan total 19 peserta, masing-masing mengadu kompetensinya dalam berbagai tantangan teknis terkait tata udara (air conditioning) yang terbagi dalam tiga bidang utama. Keseluruhannya dirancang menyerupai kondisi kerja teknisi di lapangan. Ketiganya yaitu uji tertulis yang meliputi berbagai materi. Termasuk didalamnya dasar-dasar AC, dasar AC hunian, service news, troubleshooting, kontrol dan operation data. Kedua yaitu brazing yang lebih menitikberatkan pada kemampuan pengelasan komponen AC. Bidang ketiga yaitu troubleshooting, lebih menekankan pada simulasi situasi kerja nyata dalam penggantian maupun perbaikan komponen pada AC untuk hunian. Masing-masing bidang inilah yang kemudian menjadi kategori yang dilombakan. Sementara peserta dengan raihan skor gabungan tertinggi, menjadi juara umum dengan penghargaan tersendiri. Terpilihnya kedua teknisi tadi menjadi wakil Indonesia pada kompetisi di tingkat Asia-Oseania ini bukanlah tanpa proses panjang. Sebelumnya, kedua teknisi wakil DAIKIN Indonesia ini telah menjalani seleksi melalui keikutsertaannya pada Service Skill Competition di tingkat nasional. Diikuti ratusan teknisi terbaik, baik dari internal perusahaan maupun eksternal yang menjadi mitra layanan resmi Daikin di seluruh Indonesia, ajang ini sengaja dibuat sekaligus untuk memantau tingkat kompetensi para teknisi DAIKIN di Indonesia. Keberhasilan ini menambah deretan capaian membanggakan DAIKIN Indonesia di ajang internasional. Sebelumnya, pada tahun 2023, Indonesia juga berhasil menorehkan prestasi dengan meraih peringkat ke-3 dalam kategori terbaik dan peringkat ke 3 kategori Brazing. Konsistensi ini memperlihatkan bagaimana pembinaan berkelanjutan yang dijalankan perusahaan mampu menghasilkan teknisi dengan keahlian yang terus berkembang dari tahun ke tahun. “Prestasi ini merupakan hasil nyata dari dedikasi dan kerja keras seluruh tim teknis kami yang terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” ujar Shinji Miyata – Presiden direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia. Lebih lanjut dikatakannya, DAIKIN Indonesia akan terus memperkuat program pengembangan sumber daya manusia teknisinya melalui berbagai pelatihan, termasuk bersertifikasi internasional.  Dilakukan melalui pusat pelatihan DAIKIN maupun kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan, keseluruhan upaya ini menjadi bagian langkah besar DAIKIN Indonesia dalam membangun generasi teknisi yang profesional, berintegritas dengan kompetensi tingkat global.

Book a Service Today