DAIKIN Gencarkan Pemasaran AC Multi S Bagi Hunian Keluarga Modern

Daikin Indonesia • 23 Januari 2025

PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) menyatakan tengah menggencarkan pemasaran AC Multi S. Lebih menyasarkannya sebagai solusi bagi hunian keluarga modern, sektor perumahan yang terus tumbuh dengan dukungan stimulus pemerintah menjadi pemicu langkah bisnis perusahaan spesialis tata udara asal Jepang ini.


“Kehadiran AC Multi S ini menjadi jawaban bagi dua tantangan kepemilikan AC bagi keluarga modern saat ini. Ruang hidup yang semakin kecil disatu sisi dengan biaya listrik tinggi,” ujar Alexander Eko Wibowo, Asisten General Manager PT Daikin Airconditioning Indonesia. Pernyataan tersebut terkait keunggulan AC Multi S DAIKIN yang terdapat pada cara kerja uniknya.


Tak seperti AC single split yang membawa ciri pada satu unit indoor terhubung pada satu unit outdoor, AC DAIKIN kategori multi split ini memiliki satu unit outdoor yang dapat melayani lebih dari satu unit indoor. Pengguna punya fleksibilitas luas untuk memilih mengoperasikannya bersamaan atau tidak, maupun untuk melakukan pengaturan terpisah bagi tiap unit indoor AC yang terpasang. 


Terdapat dua pilihan yang dibagi berdasarkan jumlah unit indoor yang terpasang pada satu unit indoor. Keduanya yaitu AC Multi S 2 koneksi dengan satu unit outdoor dapat terhubung pada 2 unit indoor dan AC Multi S 3 koneksi yang satu unit outdoor miliknya didesain dapat melayani keterhubungan 3 unit indoor sekaligus. “Ringkasnya instalasi karena hanya butuh ruang untuk satu unit outdoor inilah yang membuatnya tepat menjadi jawaban bagi kebutuhan hunian modern,” ujar Alexander Eko lagi.


Pernyataannya ini menurutnya bila melihat pada sebagian besar rumah tinggal, terlebih di perkotaan, memiliki area luar ruangan yang semakin terbatas. Sementara penataan ruang dalam rumah, membuatnya tak cukup bila hanya menggunakan satu unit AC untuk menyejukkan ruangan.


Hal inilah yang menurutnya lagi, membuat penempatan unit outdoor ini menjadi tak ideal. Pada rumah tapak yang sebagian besar berbatasan dinding langsung dengan rumah disebelahnya, membuat petak tanah yang sedianya untuk penghijauan mesti dikorbankan. Sementara pada hunian vertikal atau apartemen, balkon yang mestinya menjadi ruang bersantai, lebih sering dipenuhi unit outdoor AC.

Lebih lanjut dikatakan Alexander Eko Wibowo, disamping hemat tempat, AC Multi S DAIKIN juga memiliki keunggulan pada hematnya konsumsi listrik. Melengkapi keunggulannya yang dikembangkan berbasis teknologi inverter, AC DAIKIN multi split ini juga memiliki pilihan pengoperasian pada mode Low Watt.


Sesuai namanya, mengaktifkan fitur ini akan membuat AC inverter DAIKIN ini dapat beroperasi dengan konsumsi listrik dibawah kebutuhannya. Cukup menekan tombol pada remote control, penggunaan fitur Low Watt dapat memberikan penghematan listrik hingga 50% ketimbang keperluan daya normalnya. 


Bagi AC Multi S dengan 2 unit indoor, konsumsi listriknya hanya membutuhkan 380 Watt dengan dua unit AC menyala berbarengan. Sementara untuk Multi S dengan pilihan koneksi pada tiga unit indoor, konsumsi listriknya dapat mencapai 800Watt dengan ketiga AC menyala bersama.


Rancangan dengan kerja penghematan konsumsi listrik AC DAIKIN ini dibuat sesuai dengan kebutuhan hunian di Indonesia. Hal ini bila mengingat besaran daya listrik hunian Indonesia yang didominasi pada tingkatan 1,300 kWh.


Menurut Alexander Eko Wibowo, kerja dengan konsumsi listrik rendah ini memberikan penggunanya fleksibel lebih dalam membagi daya listrik untuk memenuhi ragam aktivitas yang juga memerlukan daya listrik. Mulai dari menyelesaikan cucian atau menyetrika, menikmati tayangan TV di ruang keluarga, hingga bersantai di kamar, dapat dilakukan bersamaan. “Masing-masing anggota keluarga dapat menjalankan aktivitas harian tanpa harus mengorbankan kenyamanan,” ujar Alexander Eko Wibowo.


Lebih lanjut dikatakan Alexander Eko Wibowo, DAIKIN telah menyiapkan bauran program untuk mendukung pemasaran AC Multi S ini. Berbarengan dengan komunikasi yang gencar pada berbagai kanal, DAIKIN juga menghelat penawaran spesial bagi AC Multi S yang berjalan sepanjang dua bulan dari awal November ini.


Sepanjang periode tersebut, DAIKIN menetapkan harga khusus bagi peminat AC Multi S, khususnya AC Multi S 2 koneksi. Memastikan kemudahan bagi peminat untuk mendapatkannya, penawaran ini berlaku baik pada jaringan toko elektronik maupun berbagai platform pemasaran daring terkemuka di Indonesia.


“Kami ingin memastikan kemudahan bagi lebih banyak orang untuk mendapatkan penawaran khusus ini,” ujar Alexander Eko Wibowo. Detail terkait penawaran khusus ini, menurutnya, dapat diakses melalui website resmi DAIKIN di www.daikin.co.id ataupun dengan mengunjungi akun sosial media resmi DAIKIN di Indonesia.

 

You might also like

oleh Daikin Indonesia 28 Oktober 2025
Bali, 24–25 Oktober 2025 – PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) mempererat kolaborasi dengan para profesional teknik dan pengelola fasilitas di sektor hospitality dan properti. Melalui cabangnya di Bali, hal ini dilakukan melalui dukungan DAIKIN dalam penyelenggaraan ACE Fiesta 2025 yang berlangsung di Lippo Mall Kuta pada 24-25 Oktober 2025. “Dukungan DAIKIN dalam penyelenggaraan ACE Fiesta 2025 menjadi cermin komitmen kami untuk terus memperkuat hubungan jangka panjang dengan para mitra engineer. Sekaligus menjalin relasi baru dengan pelaku industri melalui solusi tata udara andal dan berkelanjutan,” ujar Erick Sunjaya, Kepala Cabang DAIKIN untuk area Bali dan sekitarnya. Lebih lanjut dikatakannya, dukungan DAIKIN dalam ACE Fiesta tahun ini terhitung merupakan keikutsertaan ke-10 kalinya. Menurut Erick Sunjaya, keikutsertaan ini sekaligus menjadi penanda penting bagi komitmen perusahaan dalam penyelenggaraan kegiatan yang mempertemukan para Chief Engineer dari berbagai hotel, resort dan property di wilayah Bali dan sekitarnya. Hal yang menurutnya tak lepas dari keberadaan ACE Fiesta yang telah menjadi platform strategis industri untuk membangun komunikasi, berbagi pengalaman teknis, serta memperluas jejaring antara para profesional dan penyedia solusi pendukung operasional. Sebagai pendukung dalam penyelenggaraan ACE Fiesta 2025, DAIKIN memperkenalkan lini AC hunian terbaru dengan nama AC DAIKIN Nusantara Prestige. Menjadi pengganti produk AC hunian DAIKIN sebelumnya yang diproduksi di Thailand dan Malaysia, AC Nusantara Prestige dibuat dengan standar kualitas yang berlaku global pada seluruh fasilitas produksi DAIKIN di dunia. Lebih dari itu, AC Nusantara Prestige membawa berbagai peningkatan keunggulan dalam performa, efisiensi energi, serta kemudahan perawatan. Keseluruhannya, menurutnya lagi, dirancang sesuai dengan kebutuhan sistem tata udara di iklim tropis Indonesia. Lebih lanjut Erick Sunjaya berharap, melalui penyelenggaraan ACE Fiesta 2025, akan dapat memperkuat kehadiran DAIKIN sebagai mitra sepadan yang dapat diandalkan bagi para profesional teknik dan pengelola fasilitas di sektor hospitality dan properti. “Sejalan dengan harapan kesuksesan penyelenggaraan ACE Fiesta tahun ini, kami berharap kolaborasi baik yang terjalin ini akan dapat semakin memperluas kehadiran solusi tata udara pada sektor hospitality dan property yang memberi kenyamanan sekaligus perhatian pada dukungan kesehatan penggunanya,” pungkas Erick Sunjaya.
oleh Daikin Indonesia 20 Oktober 2025
Pembinaan kompetensi bagi para teknisi DAIKIN Indonesia yang berjalan berkesinambungan, membuahkan hasil membanggakan. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan dua teknisi yang mewakili Indonesia, meraih gelar juara dalam ajang The 5th ASE-Oce Service Skill Competition 2025 pada 16-17 Oktober lalu di Bangkok, Thailand. Tak main-main, keduanya meraih gelar juara untuk kategori skor gabungan terbaik yang meliputi kemampuan brazing, troubleshooting dan uji tulis. Ahmad Setiawan sebagai teknisi DAIKIN dari Indonesia, meraih peringkat pertama untuk kategori tertinggi ini. Sementara, Yongki Lukmana yang menjadi rekannya pun meraih prestasi tak kalah istimewa. Selain duduk sebagai juara ketiga untuk kategori utama ini, dirinya juga mengukir prestasi sebagai juara kedua khusus untuk keahlian troubleshooting. Membanggakannya prestasi kedua teknisi DAIKIN ini tak lepas dari keberadaan The 5th ASE-Oce Service Skill Competition 2025. Sebagai kompetisi tahunan yang memiliki tujuan utama menjaga dan meningkatkan kemampuan teknisi agar sesuai standar global DAIKIN, gengsi kompetisi ini ada pada pesertanya yang mempertemukan para teknisi terbaik hasil seleksi dari 11 afiliasi DAIKIN di Kawasan Asia dan Oseania. Dengan total 19 peserta, masing-masing mengadu kompetensinya dalam berbagai tantangan teknis terkait tata udara (air conditioning) yang terbagi dalam tiga bidang utama. Keseluruhannya dirancang menyerupai kondisi kerja teknisi di lapangan. Ketiganya yaitu uji tertulis yang meliputi berbagai materi. Termasuk didalamnya dasar-dasar AC, dasar AC hunian, service news, troubleshooting, kontrol dan operation data. Kedua yaitu brazing yang lebih menitikberatkan pada kemampuan pengelasan komponen AC. Bidang ketiga yaitu troubleshooting, lebih menekankan pada simulasi situasi kerja nyata dalam penggantian maupun perbaikan komponen pada AC untuk hunian. Masing-masing bidang inilah yang kemudian menjadi kategori yang dilombakan. Sementara peserta dengan raihan skor gabungan tertinggi, menjadi juara umum dengan penghargaan tersendiri. Terpilihnya kedua teknisi tadi menjadi wakil Indonesia pada kompetisi di tingkat Asia-Oseania ini bukanlah tanpa proses panjang. Sebelumnya, kedua teknisi wakil DAIKIN Indonesia ini telah menjalani seleksi melalui keikutsertaannya pada Service Skill Competition di tingkat nasional. Diikuti ratusan teknisi terbaik, baik dari internal perusahaan maupun eksternal yang menjadi mitra layanan resmi Daikin di seluruh Indonesia, ajang ini sengaja dibuat sekaligus untuk memantau tingkat kompetensi para teknisi DAIKIN di Indonesia. Keberhasilan ini menambah deretan capaian membanggakan DAIKIN Indonesia di ajang internasional. Sebelumnya, pada tahun 2023, Indonesia juga berhasil menorehkan prestasi dengan meraih peringkat ke-3 dalam kategori terbaik dan peringkat ke 3 kategori Brazing. Konsistensi ini memperlihatkan bagaimana pembinaan berkelanjutan yang dijalankan perusahaan mampu menghasilkan teknisi dengan keahlian yang terus berkembang dari tahun ke tahun. “Prestasi ini merupakan hasil nyata dari dedikasi dan kerja keras seluruh tim teknis kami yang terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” ujar Shinji Miyata – Presiden direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia. Lebih lanjut dikatakannya, DAIKIN Indonesia akan terus memperkuat program pengembangan sumber daya manusia teknisinya melalui berbagai pelatihan, termasuk bersertifikasi internasional.  Dilakukan melalui pusat pelatihan DAIKIN maupun kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan, keseluruhan upaya ini menjadi bagian langkah besar DAIKIN Indonesia dalam membangun generasi teknisi yang profesional, berintegritas dengan kompetensi tingkat global.
oleh Daikin Indonesia 17 Oktober 2025
Lombok, 17 Oktober 2025 — Sukses penyelenggaraan DAIKIN Solution Seminar di Bali pada bulan sebelumnya, PT Daikin Airconditioning Indonesia melanjutkan inisiatif serupa ke Lombok , Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen berkelanjutan perusahaan untuk menghadirkan solusi HVAC yang efisien, handal dan berkelanjutan di kawasan Indonesia timur yang tengah berkembang pesat. Dengan peserta dari kalangan profesional di bidang HVAC, dalam kegiatan ini DAIKIN memberikan paparan mendalam mengenai tren teknologi pendingin udara terkini, strategi penerapan sistem hemat energi, serta dukungan teknis yang disediakan DAIKIN melalui jaringan layanan purna jual yang luas di seluruh Indonesia. Pemilihan Lombok sebagai lokasi berikutnya tak lepas dari pertimbangan karakteristik pasar yang memiliki kesamaan dengan Bali. Hal ini setidaknya dari segi kondisi iklim tropis, maupun potensi pertumbuhan sektor hospitality dan hunian. Disisi lain, Perkembangan kawasan Mandalika yang kini menjadi destinasi internasional berkat penyelenggaraan ajang seperti MotoGP Mandalika, turut mendorong peningkatan kebutuhan sistem tata udara yang modern dan hemat energi. “Kami melihat potensi besar di Lombok, khususnya Mandalika, sebagai kawasan strategis dengan pertumbuhan pesat di sektor pariwisata dan properti,” ungkap Erick Sunjaya, kepala cabang DAIKIN untuk wilayah Bali dan sekitarnya. Hal inilah yang mendorong DAIKIN membawa lengkap berbagai inovasi terbaru yang membentang sebagai solusi bagi hunian hingga bangunan komersial. Termasuk diantaranya, VRV (Variable Refrigerant Volume) Generasi ke-6 yang hadir dengan varian VRV 6A dan VRV 6X. Inovasi pada sistem tata udara bagi bangunan komersial ini membuatnya memiliki efisiensi energi lebih tinggi serta kenyamanan optimal pada berbagai tipe bangunan. Selain itu, DAIKIN juga menampilkan seri AC Nusantara Prestige . Menjadi lini produk AC hunian pertama produksi Indonesia, inovasi pada tiap model didalamnya mewakili kolaborasi teknologi dan kualitas DAIKIN global dengan kebutuhan spesifik pasar Indonesia. Turut menjadi sorotan utama dalam kegiatan ini adalah teknologi Marutto (AI) Cloud Monitoring System . Menjadi sistem pemantauan berbasis kecerdasan buatan, memungkinkan pengguna untuk mengawasi performa sistem HVAC secara real-time. Teknologi ini memberikan kemudahan dalam mendeteksi potensi gangguan lebih awal, meningkatkan efisiensi operasional, serta menekan biaya perawatan. Penerapannya sangat relevan bagi sektor hospitality dan commercial di kawasan Mandalika yang menuntut performa sistem tata udara yang stabil sekaligus efisien sepanjang waktu. Lebih lanjut Erick Sunjaya menyatakan, dengan berbagai inovasi dan dukungan teknis komprehensif yang menjadi tawaran besarnya, DAIKIN berharap dapat terus meningkatkan kehadirannya di Lombok dan bagian Indonesia Timur. “Tak hanya sebagai penyedia produk, namun menjadi mitra strategis dalam menghadirkan solusi tata udara yang efisien, cerdas dan ramah lingkungan. Langkah yang didasari komitmen DAIKIN untuk menjadi bagian dari pembangunan berkelanjutan di Indonesia timur sejalan dengan visi perusahaan untuk menciptakan udara lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan,” pungkas Erick Sunjaya.

Book a Service Today