Dirikan Pabrik Senilai 3,3 Triliun, DAIKIN Siap Kukuhkan Posisi Puncak di Indonesia

Daikin Indonesia • Des 02, 2022

Jakarta, 2 Des 2022 - Daikin yang dikenal sebagai spesialis solusi tata udara di dunia, merealisasikan investasinya di Indonesia dengan memulai pembangunan fasilitas produksi pendingin ruangan (air-conditioner - AC) senilai 3,3 Triliun rupiah. Menempati lahan seluas 204,000 meter persegi pada kawasan industri Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang, pabrik AC Daikin ini dirancang memiliki kapasitas produksi penuh mencapai 1,5 juta unit pada setiap tahunnya.


Seturut dengan rencana besarnya, pembangunan fase pertama fasilitas produksi ini bakal mencapai luas 51,000 meter persegi. Dijadwalkan memulai produksi perdananya pada Desember 2024 mendatang, produksi tahun pertama pabrik Daikin ini akan ada di kisaran 500,000 unit.


“Keberadaannya menjadi bagian strategi kami mengukuhkan posisi sebagai pemimpin pasar AC di Indonesia yang bakal mengalami peningkatan signifikan pada permintaan AC untuk hunian kedepannya,” ujar Yoshihiro Mineno, Member of The Board and Senior Executive Officer Daikin Industries Limited. Dikatakannya kemudian, pernyataan ini merujuk pada keberadaan Indonesia yang memiliki populasi terbesar ke-lima di dunia dengan 270 juta jiwa dan diperkirakan bakal mencapai 300 juta pada tahun 2030.


Dengan rencana Indonesia berinvestasi di berbagai bidang termasuk infrastruktur perkotaan, sumber daya manusia dan pengembangan industri, Daikin melihat Indonesia tengah memperkuat visi menjadi negara terbesar kelima dalam Pendapatan Domestik Bruto pada 2045 nanti. Perkiraan pertumbuhan ekonomi yang dipicu kenaikan masyarakat dengan tingkat penghasilan menengah inilah yang diprediksi akan meningkatkan permintaan AC bagi kebutuhan hunian.


Di Indonesia sendiri, Daikin terhitung telah beroperasi sepanjang 52 tahun dengan menggandeng PT. Imora Makmur dan PT. Budiman Kencana Lestari sebagai mitranya. Untuk mendukung operasionalnya, DAIKIN memiliki tiga belas kantor cabang dengan kantor pusat berada di Jakarta yang menangani pemasaran dan layanan purna jual. Dengan jaringan distribusi di berbagai daerah di Indonesia, Daikin tercatat sebagai pemimpin pasar AC hunian dalam negeri dengan penguasaan mencapai 35,5%.


Lebih lanjut Yoshihiro Mineno menyatakan, dalam operasionalnya nanti, pabrik Daikin ini akan mengadopsi teknologi canggih terkini termasuk didalamnya pemanfaatan IoT (Internet of Things) dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI). Hal ini merupakan dukungan Daikin untuk sejalan dengan pengembangan industri 4.0 yang dicanangkan pemerintah Indonesia.


Bicara mengenai dukungan pada pemerintah Indonesia pun tak berhenti hingga disana. Selain dari sisi investasi dan penciptaan 2,500 peluang kerja baru, pendirian pabrik Daikin ini juga berpotensi memberikan kontribusi pada peningkatan nilai ekspor. Hal ini karena selain untuk pemenuhan permintaan pasar domestik, pabrik baru DAIKIN ini juga bakal ditujukan untuk tujuan ekspor. Utamanya pada negara-negara di belahan Asia Tenggara sebagai respon atas tingginya permintaan AC berkapasitas kecil.

 

Ditambahkannya pula, pabrik AC ini pun menjadi langkah Daikin mendukung pemerintah Indonesia terkait peningkatan kepedulian terhadap lingkungan dan gerakan hemat energi sekaligus pengurangan jejak karbon. Pasalnya, pabrik AC Daikin ini hanya memproduksi AC inverter yang telah terbukti sebagai teknologi hemat listrik. Disamping pula, penggunaan bahan pendingin (refrigerant) R32 yang dikenal lebih ramah lingkungan karena memiliki efek rendah pada penipisan ozon (zero Ozon Depletion Potential).

Kehadiran pabrik yang dapat menjamin ketersediaan AC inverter dengan refrigerant R32 ramah lingkungan ini, diharapkan membuat varian AC hemat listrik ini akan lebih cepat dan lebih mudah dijangkau untuk semakin memperluas penggunaannya pada lebih banyak keluarga di Indonesia. “Beriring upaya Daikin untuk tetap terdepan dalam industri solusi tata udara, perhatian pada kualitas hidup masyarakat yang lebih baik pun menjadi fokus kami dalam menjalankan operasional di Indonesia,” ujar Yoshihiro Mineno. 

 

 

You might also like

oleh Daikin Indonesia 03 May, 2024
Dibawah tema besar “Beyond Customer Expectation”, DAIKIN Service Partner Policy Meeting & Awarding 2024 terselenggara di Jakarta pada 3 Mei lalu. Selain menjadi wadah untuk mensosialisasikan kebijakan baru dalam ranah layanan purna jual, kegiatan ini juga menjadi ajang apresiasi atas mitra bisnis DAIKIN dalam layanan purna jual. Dalam kegiatan tersebut, DAIKIN menekankan arah pengembangan layanan purna jualnya di Indonesia. Termasuk didalamnya penciptaan standar kinerja tinggi dalam melayani. Hal ini dicapai melalui kualitas teknis sumber daya manusia, kecepatan, keandalan, keramahan dan digitalisasi dalam proses bisnis untuk mencapai efektivitas kerja teknisi. Untuk mendukung hal tersebut, DAIKIN diantaranya telah menyiapkan ragam pelatihan bagi sumber daya manusia para mitra bisnisnya. Pada kesempatan yang sama, DAIKIN pun memberikan fokus khusus yang mengajak para mitra bisnisnya turut berkontribusi dalam komitmen perusahaan mengatasi dampak lingkungan. Dengan dua fokus utama yaitu pengurangan emisi karbon dan pemulihan refrigerant. Bila pengurangan emisi karbon salahsatunya melalui dukungan pada AC berbasis inverter, DAIKIN menjadi pionir dan satu-satunya perusahaan solusi tata udara yang menyediakan layanan refrigerant recovery. Seturut dengan komitmen pemerintah dalam penurunan bertahap konsumsi refrigerant terkait dampak perubahan iklim, layanan refrigerant recovery dapat menjadi sebuah bisnis baru bagi para mitra bisnis DAIKIN. Meningkatkan kietersediaan layanan, yang berjalan seiring dengan kepedulian pada lingkungan. Seiring dengan semangat layanan DAIKIN. Memberikan layanan terbaik, melampaui harapan konsumennya.
oleh Daikin Indonesia 29 Apr, 2024
Dapatkan AC DAIKIN Inverter baru Anda cuma 670 ribu dengan pembelian melalui Home Credit. Setiap pembelian paket AC ini akan dilengkapi intalasi dengan pipa DAIKIN (DSP). Syarat dan ketentuan bisa Anda lihat pada penjelasan dibawah ini: Periode promo mulai dari 1 Mei - 30 Juli 2024 Promo hanya berlaku di Dealer i-SHOP tertentu* Promo hanya berlaku untuk pembelian oleh konsumen perorangan (tidak berlaku untuk pembelian Grosir, Sub Dealer, Proyek / Intitusi) Promo hanya berlaku bagi konsumen yang telah memenuhi syarat pengajuan pada aplikasi Home Credit Indonesia (HCI) Promo hanya berlaku untuk tipe: ZETA (FTKZ) / STAR (FTKC) / FLASH (FTKQ) / EVO (FTKF) / MULTI-S + Paket Instalasi Pipa DAIKIN (DSP) + 1x Cuci AC Anda dapat mengikuti langkah berikut agar bisa menggunakan promo ini menggunakan Home Credit: Unduh Aplikasi “Home Credit - Cicilan & Pinjaman” pada Play Store / App Store. Buka aplikasinya, lakukan registrasi pada aplikasi Home Credit Indonesia. Jika konsumen layak mengajukan cicilan, datangi toko yang sudah bekerja sama dengan HCI dan bertemu Sales Agent HCI untuk proses lebih lanjut. Sales Agent HCI akan membantu konsumen dalam proses pengambilan kredit HCI.
oleh Daikin Indonesia 23 Apr, 2024
Denpasar, 22 April - PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) bermitra dengan CV Dian Mandiri meresmikan pembukaan DAIKIN Proshop Showroom terbarunya di Denpasar, Bali (22/4). “Hadirnya DAIKIN Proshop Showroom Dian Mandiri menegaskan langkah DAIKIN dalam memperluas pemasaran AC Home Central sebagai solusi pendingin udara yang berfokus pada hunian kelas premium dan bangunan light commercial bagi masyarakat Bali,” ujar Shinji Miyata, President Director PT Daikin Airconditioning Indonesia dalam sambutannya pada seremoni peresmian showroom DAIKIN Proshop tersebut. Lebih lanjut dikatakannya, pembukaan DAIKIN Proshop Showroom terbaru ini sekaligus menjadi bagian upaya DAIKIN dalam mempertegas langkah ekspansinya bagi pemasaran lini produk premium AC Home Central di Indonesia. Dengan pembukaan showroom AC premium terbaru ini, perusahaan AC asal Jepang ini terhitung telah memiliki 36 DAIKIN Proshop Showroom yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. AC Home Central DAIKIN yang menjadi lini produk utama dalam DAIKIN Proshop Showroom sendiri merupakan penyejuk udara kelas premium yang ditujukan bagi hunian modern dan kebutuhan bangunan light commercial seperti café dan restoran. Tak cuma menawarkan kepraktisan penempatan dan perawatan dari keunikannya yang membuatnya dapat mengoperasikan beberapa unit indoor hanya dengan satu unit outdoor, AC Home Central DAIKIN memiliki ragam pilihan desain unit indoor yang dapat membaur pada ruang dan meningkatkan estetika keseluruhan ruang. Sementara dari sisi kenyamanan, bersama dengan kesejukan yang dibawanya, AC DAIKIN Home Central juga memiliki kemampuan mengatur tingkat kelembapan udara sehingga mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri dalam ruang berikut dengan filtrasi berlapis untuk mengeliminasi berbagai partikel merugikan kesehatan. “Hal inilah diantaranya yang membuat AC Home Central DAIKIN semakin menjadi pilihan bagi hunian maupun bangunan light commercial. Utamanya bagi pengaplikasian pada ruang yang membutuhkan perhatian pada penjagaan tingkat kelembapan,” ujar Shinji Miyata lagi. Terkait dengan lokasi, DAIKIN Proshop Showroom Dian Mandiri menempati bangunan rumah toko (ruko) dua lantai pada Komplek Pertokoan Ngurah Rai di bilangan Jalan Bypass Ngurah Rai Kuta No. 28 Denpasar, Bali. Selain berada di jalur utama menuju Bandara Internasional Ngurah Rai, lokasi ini dipilih dengan pertimbangan jaraknya yang dekat dengan destinasi kuliner dan pembangunan berbagai proyek baru yang ramai pengunjung. “Keberadaannya di wilayah strategis seturut harapan besar kami pada kehadirannya. Memberikan layanan solusi tata udara premium yang lengkap dengan cepat dan tepat bagi masyarakat di wilayah Bali,” ujar Desira Triyanti, pemilik DAIKIN Proshop Dian Mandiri di sela-sela peresmian. Lebih dari kelengkapan produk AC Home Central yang ada didalamnya, lanjut Desira Triyanti, aspek solusi lengkap pada DAIKIN Proshop Showroom ini juga menyentuh hingga layanan bagi pengunjung dan pengguna. Mulai dari pendampingan konsultan profesional yang memberikan rekomendasi solusi tata udara yang tepat bagi pengunjung, teknisi tersertifikasi DAIKIN untuk instalasi dan pemeliharaan hingga layanan purna jual. Membuatnya semakin istimewa, seluruh konsumen DAIKIN Proshop Showroom Dian Mandiri akan mendapatkan layanan purna jual 1x24 jam untuk kebutuhan perawatan dan perbaikan produk AC Home Central miliknya. “Kelengkapan layanan ini didesain sesuai dengan visi DAIKIN Proshop Showroom untuk menjadi destinasi utama bagi solusi tata udara premium. Bagi hunian maupun pendukung kegiatan bisnisnya,” ujar Desira Triyanti. Lebih lanjut ia menyatakan optimismenya terkait penerimaan positif dari masyarakat terkait pembukaan DAIKIN Proshop Showroom CV Dian Mandiri. Dukungan produk inovatif dan layanan yang disiapkan didalamnya, bersanding dengan pengalaman panjang CV Dian Mandiri pada industri solusi tata udara. Memulai debutnya pada tahun 1994 sebagai kontraktor, perusahaan ini tumbuh dengan melakukan pengembangan untuk memberikan layanan bagi kebutuhan ventilasi dan pendingin udara pada tahun 2010. Beranjak kemudian menjadi bagian dari dealer DAIKIN Proshop di tahun 2022. “Kami bangga dapat bermitra dengan CV Dian Mandiri yang memiliki rekam jejak dan reputasi baik sepanjang perjalanannya. Kesamaan komitmen dan semangat untuk bersama berkembang melalui keberadaan DAIKIN Proshop showroom ini akan menjadi modal besar bagi kesuksesan lebih tinggi yang dicapai dari pelayanan terbaik yang dihadirkannya,” pungkas Shinji Miyata.
Postingan Lainnya

Book a Service Today

Share by: