Perluas Kontribusi Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja, DAIKIN Resmikan Pusat Keunggulan Pertama di BLK

Daikin Indonesia • 24 September 2025

PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) meresmikan pusat keunggulan di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi hari ini (24/09). Dinamai DAIKIN Center of Excellence, peresmian ini menjadi perluasan langkah DAIKIN dalam kepeduliannya untuk peningkatan kompetensi tenaga kerja Indonesia, khususnya bidang keahlian tata udara.


“Keberadaannya sekaligus menjadi cerminan komitmen kami dalam langkah keberlanjutan untuk terus memperluas kontribusi pada peningkatan kompetensi tenaga kerja Indonesia,” ujar Budi Mulia, Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia pada peresmiannya. Pernyataan ini, menurut Budi Mulia, terkait dengan keberadaannya yang merupakan Pusat Keunggulan DAIKIN pertama yang berdiri di institusi pelatihan vokasi atau balai latihan kerja.


Menjadi bagian inisiatif sosial perusahaan dalam bidang sumber daya manusia, DAIKIN Center of Excellence didesain sebagai bentuk keberlanjutan sekaligus peningkatan kolaborasi DAIKIN dengan berbagai institusi pendidikan dan pelatihan vokasi yang telah terjalin sebelumnya, khususnya di bidang keahlian tata udara. Diantara kolaborasi tersebut yaitu pengayaan kurikulum, pelaksanaan sertifikasi industri bagi pengajar dan siswa, pengadaan pelatihan dari DAIKIN sebagai guru tamu, hingga pemagangan.


Sebagai bentuk peningkatan kolaborasi, wujud fisik DAIKIN Center of Excellence berupa ruang praktek yang didedikasikan khusus bagi pengajaran terkait bidang tata udara. Di dalam ruangan ini, DAIKIN memberikan berbagai perangkat AC yang terpasang pada deretan rak yang didesain sedemikian rupa untuk berbagai praktek terkait perangkat tata udara. Seperti proses instalasi, troubleshooting AC hingga refrigerant recovery.


Berjalan perdana sejak dua tahun lalu, hingga saat ini DAIKIN Center of Excellence telah berdiri dan beroperasi di tujuh sekolah menengah kejuruan di Indonesia. “Dengan keberadaan DAIKIN Center of Excellence di BBPVP Bekasi sebagai yang pertama di balai latihan kerja, akan memperkuat upaya kami untuk lebih berkontribusi pada peningkatan kompetensi tenaga kerja Indonesia,” ujar Budi Mulia.


Wujud fisik DAIKIN Center of Excellence di BBPVP Bekasi menempati dua ruangan khusus pada bangunan workshop refrigerasi di BBPVP Bekasi. Pada satu ruangan terdapat jajaran AC DAIKIN yang peruntukannya bagi kebutuhan hunian dan SkyAir sebagai seri AC DAIKIN untuk bangunan light commercial yang biasa menjadi pilihan bagi ruang usaha seperti restoran atau kafe.


Sementara pada ruangan lainnya, didedikasikan untuk pengajaran dan praktek bagi AC untuk kebutuhan bangunan komersial. Pada ruangan ini, terdapat set unit VRV yang menjadi andalan DAIKIN bagi kebutuhan komersial seperti penempatan pada bangunan perkantoran atau pusat bisnis.


Meneguhkannya sebagai bentuk keberlanjutan dari kolaborasi sebelumnya, DAIKIN akan mendukung dengan berbagai pelatihan terjadwal yang berjalan sepanjang tahunnya. Disamping pula pengujian dengan sertifikasi industri bagi instruktur maupun siswa didik. “Meneruskan seluruh hal baik yang telah terjadi dalam kolaborasi sebelumnya. Sekaligus menjadi peningkatan melalui keberadaan ruang ajar dan praktek beserta kelengkapannya bagi pengajaran lebih baik,” ujar Budi Mulia lagi.


Lebih lanjut Budi Mulia menyatakan, pilihan pada BBPVP Bekasi dalam mengembangkan DAIKIN Center of Excellence perdana bagi balai latihan kerja, tak lepas dari keberadaannya sebagai unit pelaksana teknis pusat terbesar di bawah Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Tugas utamanya sendiri, menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan ketrampilan tenaga kerja dan pencari kerja.


Dengan posisinya ini, BBPVP Bekasi tak saja menjadi tempat pelatihan bagi tenaga kerja dan pencari kerja di sekitar lokasinya, namun pula menjadi rujukan pelatihan bagi peningkatan kompetensi instruktur balai latihan kerja dari berbagai daerah di Indonesia.


Dengan dukungan DAIKIN Center of Excellence pada pusat bagi pelatihan tenaga ahli tata udara ini, menurut Budi Mulia lagi, DAIKIN berharap akan pula dapat berimbas positif bagi pengembangan kompetensi instruktur maupun siswa didik yang lebih luas menjangkau berbagai daerah di Indonesia. “Kami berharap keberadaannya dapat memberi dampak positif bagi semakin meratanya tenaga ahli tata udara di berbagai daerah di Indonesia,” ujar Budi Mulia.


Hal ini menurut Budi Mulia terkait dengan kebutuhan tenaga ahli bidang tata udara yang masih sangat besar dan terus bertumbuh sejalan dengan pembangunan Indonesia. Bercermin pada perjalanan perkembangan DAIKIN di Indonesia saja, menurutnya lagi, kebutuhan tenaga ahli tata udara ini masih sangat besar.


Dikenal sebagai spesialis tata udara dengan reputasi sepanjang lebih dari satu abad di dunia dan menapaki Indonesia sepanjang lebih dari 50 tahun lamanya, DAIKIN dikenal sebagai pemimpin dalam penyedia solusi tata udara di Indonesia. Dalam menjalankan bisnisnya, DAIKIN memiliki 16 kantor perwakilan di berbagai wilayah di Indonesia dengan sekitar 1.400 mitra bisnis dealer yang mendukung dalam distribusi produk dan layanannya.


Masih terkait dengan kebutuhan tenaga ahli refrigerasi dan tata udara, Budi Mulia menambahkan, sejak Juli lalu, DAIKIN bahkan telah mulai pemasaran AC Nusantara yang menjadi AC hunian perdana DAIKIN produksi dalam negeri melalui pabriknya di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Menjadi pabrik AC hunian skala penuh pertama di Indonesia yang mengolah dari bahan baku hingga produk jadi, pabrik ini memiliki dukungan sekitar 2,500 tenaga kerja.


“Kebutuhan sumber daya manusia ini akan semakin besar angkanya bila melihat kebutuhan dari keseluruhan industri,” ujar Budi Mulia pula. Pasalnya, menurut Budi Mulia, kebutuhan tenaga ahli tata udara ini tidak hanya bagi produsen maupun pemegang merek. Lebih dari itu, sumber daya manusia dengan kompetensi keahlian khusus ini juga masih sangat dibutuhkan bagi para mitra bisnis dan tak terkecuali usaha mandiri terkait dengannya.


Bertolak dari potensi besar kebutuhan sumber daya manusia ini, dikatakan Budi Mulia, peningkatan keahlian dan ketrampilan akan menjadi kunci bagi terbentuknya kualitas tenaga kerja yang memiliki daya saing dalam industri. Hal inilah menurutnya yang pada gilirannya akan menjadi simbiosis saling menguntungkan antara industri dengan keberadaan DAIKIN Center of Excellence.

 

Terkait dengan peresmian ini, Yose Rizal selaku Kepala BBPVP Bekasi menyambut baik keberadaan DAIKIN Center of Excellence ini. “Kami sangat mengapresiasi kolaborasi DAIKIN dalam upayanya untuk berkontribusi pada peningkatan keahlian dan ketrampilan tenaga kerja khususnya bidang tata udara melalui hadirnya pusat keunggulan di BBPVP Bekasi ini,” ujar Yose Rizal.


Keberadaan DAIKIN Center of Excellence, menurutnya lagi, menjadi bentuk imlementasi baik adanya kerjasama dengan dunia industri yang digaungkan pemerintah melalui program Link and Match. Tak hanya dukungan pada teknologi, dukungan DAIKIN ini juga menyentuh pada pengembangan kurikulum dan pelatihan yang membuatnya lebih sesuai dengan kebutuhan industri.



Lebih lanjut dikatakannya, sejalan dengan terus berkembangnya industri tata udara, menuntut pula terus berkembangnya keilmuan terkait dengannya. Untuk menciptakan dan memelihara kompetensi tinggi yang berkesesuaian dengan kebutuhan industri ini secara berkelanjutan,” Menjadi harapan kami, sinergi ini akan terus terjalin dan berkembang di masa mendatang,” kata Yose Rizal. 

You might also like

oleh Daikin Indonesia 1 November 2025
BEBAS WORRY SELAMA 30 HARI!!! Ganti unit baru dalam 30 hari kalau unit AC tidak bekerja dengan optimal dengan memperhatikan syarat dan ketentuan dibawah ini: Periode promo mulai dari 1 November 2025 - 31 Januari 2026 Berlaku untuk seri DAIKIN Nusantara Prestige semua tipe: ALPHA Inverter (FTKH-Y), BETA Inverter (FTKE-Y) dan SMS (STC-Y) Berlaku 30 hari setelah tanggal pembelian dengan menunjukkan kartu garansi dan nota pembelian (invoice) Hanya berlaku bagi unit yang telah dilaporkan melalui DAIKIN Contact Center di nomer 0800 1 081 081 atau WA Official 0811 9 048 058 dan telah dilakukan pengecekan oleh Teknisi DAIKIN Penggantian unit baru hanya berlaku untuk segala jenis kerusakan yang bukan disebabkan pada proses instalasi dan sesuai ketentuan yang tertera pada Kartu Garansi DAIKIN Penggantian unit baru hanya berlaku untuk unit yang mengalami kendala saja (Indoor unit atau Outdoor unit saja) Konsumen TIDAK DIKENAKAN biaya apapaun untuk proses penggantian unit baru. Termasuk biaya bongkar pasang dan material (refrigeran) GARANSI TIDAK BERLAKU ATAU BATAL APABILA: Kerusakan terjadi karena salah pemakaian, unit jatuh, kelalaian, unit dirubah atau dimodifikasi pihak lain, bencana alam (seperti: kebakaran, gempa bumi, tersambar petir, banjir, dsb, serta faktor eksternal lainnya seperti jamur, hewan & virus Nomer seri unit telah hilang, dihapus atau terdapat coretan Produk terpasang tidak sesuai fungsi seharusnya Unit dihubungkan pada sumber listrik yang tegangannya tidak sesuai dengan yang ditentukan oleh spesifikasi teknik yang tercantum pada unit
oleh Daikin Indonesia 31 Oktober 2025
Komitmen terhadap pengembangan kompetensi sumber daya teknisi kembali ditunjukkan PT Daikin Airconditioning Indonesia. Terbaru, sejalan dengan langkah terus memperluas penggunaan AC Nusantara Prestige sebagai seri AC hunian perdana buatan Indonesia, DAIKIN menghelat pelatihan bagi para teknisi di Solo dan area sekitarnya. Diikuti sejumlah total 180 peserta, acara ini berlangsung pada 31 Oktober 2025. Dalam penyelenggaraannya, rangkaian materi mencakup tiga hal besar. Pertama, pengenalan perusahaan termasuk perkembangannya berikut dengan kapabilitas pabrik baru DAIKIN di Cikarang yang menjadi pusat produksi AC Nusantara Prestige. Disamping itu, peserta juga mendapat pengenalan komprehensif terkait tiga model dalam AC Nusanatara Prestige. Tak berhenti hingga disana, peserta juga mendapat materi pelatihan teknis. Terkait penanganan instalasi produk AC Nusantara Prestige, air unit balancing, berikut dengan penanganan permasalahan yang mungkin bakal dihadapi. Dalam acara yang sama, DAIKIN juga memberikan materi terkait dasar-dasar keselamatan kerja yang dihelat berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan. Tercatat hadir sebagai peserta, diantaranya anggota dua asosiasi besar yang melingkupi tenaga ahli dan teknisi refrigerasi serta tata udara. Keduanya yaitu ASISI dan APITU. Disamping pula, para teknisi freelance serta dari mitra dealer DAIKIN. Selain dari jumlah peserta, tingginya minat terhadap kegiatan ini ditunjukkan dari kehadiran peserta yang berasal area di sekitar wilayah Solo Raya. Termasuk didalamnya yaitu Sragen, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Banjarnegara, Kebumen, hingga Grobogan. Untuk meningkatkan interaksi dan pemahaman praktis, acara juga diselingi kegiatan Trouble Shooting Fun Games, yang memungkinkan peserta mencoba langsung skenario penanganan masalah teknis secara cepat. Selain itu, dilakukan prosesi Barashi sebagai bentuk kebersamaan dan penghargaan atas kontribusi para teknisi selama ini. Sesi tanya jawab berjalan aktif. Beberapa topik yang banyak ditanyakan antara lain: Prosedur klaim garansi untuk unit Nusantara Prestige Standar keselamatan pada instalasi jalur listrik AC Teknik pemasangan unit indoor dan outdoor pada dinding bangunan Nilai TKDN dan manfaatnya bagi teknisi maupun konsumen Melalui penyelenggaraan pelatihan ini, DAIKIN berharap para teknisi semakin memiliki keahlian dalam penanganan AC DAIKIN Nusantara Prestige dengan standar terbaik untuk kepuasan konsumen. Ke depan, DAIKIN akan terus memperluas program pelatihan serupa sejalan dengan komitmen perusahaan dalam meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pengguna AC DAIKIN di seluruh Indonesia.
oleh Daikin Indonesia 30 Oktober 2025
Penyelenggaraan DAIKIN Designer Awards 2025 segera memasuki puncaknya. Hal ini karena DAIKIN baru saja menyelesaikan tahapan Live Judging. Para finalis yang tersaring dari masing-masing kategori, mendapat kesempatan mempresentasikan karya desain sepanjang tahapan penjurian langsung ini pada 2–30 Oktober 2025. Fokus penilaiannya sendiri tak hanya pada unsur estetika. Namun pula, pada fungsi ruang, efisiensi tata udara, kekuatan narasi desain, keberlanjutan material dan kenyamanan pengguna dalam jangka panjang. Luasnya aspek penilaian ini seturut dengan semangat penyelenggaraan DAIKIN Designer Awards tahun ini. Yang diharapkan dapat menjadi tolok ukur kompetisi desain hunian dan bangunan komersial ideal dengan perhatian khusus pada tata udara yang terintegrasi estetika secara keseluruhan tak saja bagi Indonesia dan Malaysia, namun hingga di tingkat ASEAN. Besarnya harapan ini sejalan dengan perkembangan dalam penyelenggaraan DAIKIN Designer Awards. Untuk pertama kali sejak penyelenggaraan perdananya pada 2020, ajang kompetisi tahunan bagi pegiat arsitektur serta desain interior bagi kategori profesional dan mahasiswa tersebut melibatkan kolaborasi antarnegara, yakni Indonesia dan Malaysia. Kolaborasi ini menjadi tonggak baru bagi penyelenggaraannya dalam menjangkau komunitas desain kawasan Asia Tenggara. Keterlibatan lintas negara juga tecermin dalam komposisi dewan juri. Termasuk juri dari Malaysia yaitu Adjunct Professor IDr Joe WH Chan, IDr Wong Pei San, dan Ar. Mun Inn Chan. Sementara juri dari Indonesia yaitu arsitek Tan Tik Lam, desainer interior Alex Bayusaputro, serta arsitek Cosmas Gozali. Sosok publik figur Daniel Mananta juga ikut serta sebagai juri. Dalam penjurian yang berlangsung hibrid ini, panel juri dari Indonesia hadir bersama di kantor pusat DAIKIN di Jakarta. Dalam penyelenggaraan tahun ini, tercatat diikuti 1.755 pendaftar dari kedua negara. Para finalis terpilih mewakili kategori Finished Project, Conceptual Professional, dan Conceptual Student, mencakup desain arsitektur dan interior untuk residential hingga F&B. Puncak penyelenggaraan DAIKIN Designer Awards 2025 berupa pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 27 November 2025 mendatang.

Book a Service Today