Resmi Beroperasi, Kantor Perwakilan Baru DAIKIN di Surabaya Tawarkan Pengalaman Unik dan Lebih Ramah Lingkungan

Daikin Indonesia • 11 Desember 2024

Surabaya – Menjelang akhir tahun, PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) justru tampak semakin gencar menjalankan bisnisnya di Indonesia. Terbaru, hal ini tampak dari peresmian kantor perwakilan baru DAIKIN bagi wilayah Surabaya dan sekitarnya. Lebih dari merupakan perluasan dibandingkan bangunan sebelumnya, kantor perwakilan baru DAIKIN ini dibuat dengan layanan lengkap yang menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung dan ramah lingkungan.


“Keberadaan kantor perwakilan baru DAIKIN di Surabaya ini merepresentasikan komitmen kami seiring terus bertumbuhnya kepercayaan masyarakat. Menempati bangunan lebih besar untuk memberikan layanan lebih lengkap dengan pengalaman lebih baik beriring dengan upaya untuk lebih ramah lingkungan,” ujar Shinji Miyata, Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia.


Pernyataan ini dapat mudah dimengerti saat mengunjungi kantor perwakilan perusahaan solusi tata udara asal Jepang tersebut di Surabaya. Menempati bangunan tersendiri di jalan Kombes Pol Moh. Duryat No.29 – 31 Tegalsari, Kecamatan Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur, kantor perwakilan ini memiliki bangunan empat lantai dengan tambahan basement untuk parkir kendaraan bermotor.


Melangkahkan kaki kedalamnya, akan jauh dari kesan sebuah kantor. Malahan, pengunjung akan disambut sebuah ruang lega yang didalamnya tertata berbagai perangkat pendukung untuk kemudahan mendapatkan informasi terkait produk solusi tata udara DAIKIN.

Tak hanya AC hunian, pada ruang ini pengunjung pun akan dapat melihat serta mendapatkan informasi langsung terkait AC komersial. Penataan perangkat AC teraplikasi langsung pada berbagai sudut ruang lengkap dengan ragam pengontrolnya. Bahkan pada beberapa sudut, DAIKIN justru memperlihatkan sistem instalasinya. Sementara tenaga konsultan DAIKIN tampak siap mendampingi pada tiap kunjungan.


“Sengaja dibuat untuk membuat kunjungan tak membosankan. Memberikan pengalaman tersendiri sekaligus kemudahan pengunjung untuk mendapat gambaran lebih baik tentang berbagai produk AC DAIKIN dan dukungan konsultan profesional untuk membantunya mendapatkan solusi tata udara sesuai kebutuhannya,” ujar Shinji Miyata lagi.


Disisi lain, menurut Shinji Miyata lagi, kantor perwakilan ini sekaligus berfungsi sebagai layanan purna jual. Untuk mendukungnya, selain ketersediaan teknisi, kelengkapan ketersediaan spare part hingga material pendukung lain pun dapat lebih baik dipenuhi dengan dimensi gudang yang lebih luas.


Semakin mengukuhkan keberadaannya sebagai perwakilan DAIKIN di Surabaya, kantor ini pun dibuat dengan fasilitas ruang pelatihan yang lengkap beserta berbagai perangkat pendukungnya. Tak hanya bagi kebutuhan internal, fasilitas ini juga digunakan untuk peningkatan kompetensi sumber daya manusia khususnya teknisi dari para mitra bisnisnya. “Fasilitas lengkap bagi pelatihan ini untuk memastikan kompetensi tinggi dari para teknisi, internal dan mitra bisnis kami, untuk memberikan layanan terbaik bagi pengguna produk DAIKIN,” kata Shinji Miyata.


Dikatakan Shinji Miyata pula, pendirian kantor perwakilan yang menjadi pusat operasional DAIKIN bagi area Surabaya dan sekitarnya ini tak hanya mengedepankan kelengkapan layanan. Lebih dari itu, keberadaannya juga menjadi cerminan keberpihakan DAIKIN dalam upaya penciptaan lingkungan keberlanjutan.


Sebagai wujud nyatanya, Shinji Miyata menyatakan, kantor perwakilan DAIKIN ini dirancang dengan berbagai pendekatan sesuai prinsip bangunan hijau (green building). Bahkan, saat ini DAIKIN dikatakan tengah menyiapkan pemasangan panel surya pada gedung kantor perwakilannya di Surabaya ini. Hal yang menjadi upaya DAIKIN dalam mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi karbon. Lebih jauh dari itu, untuk keseluruhan inisiatif hijau yang dilakukannya, kantor perwakilan DAIKIN ini tengah dalam proses untuk mendapatkan Green Building Certification.



“Kami mengundang masyarakat untuk mengunjungi kantor perwakilan DAIKIN di Surabaya ini. Mendapatkan pengalaman unik dan langsung dengan berbagai solusi DAIKIN bagi kebutuhan tata udara, ditemani dengan tenaga konsultan yang siap memberikan informasi dan rekomendasi. Sekaligus merasakan sendiri kenyamanan sebuah bangunan yang dibuat dengan kepedulian pada penciptaan lingkungan yang berkelanjutan,” pungkas Shinji Miyata. 

You might also like

oleh Daikin Indonesia 28 Oktober 2025
Bali, 24–25 Oktober 2025 – PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) mempererat kolaborasi dengan para profesional teknik dan pengelola fasilitas di sektor hospitality dan properti. Melalui cabangnya di Bali, hal ini dilakukan melalui dukungan DAIKIN dalam penyelenggaraan ACE Fiesta 2025 yang berlangsung di Lippo Mall Kuta pada 24-25 Oktober 2025. “Dukungan DAIKIN dalam penyelenggaraan ACE Fiesta 2025 menjadi cermin komitmen kami untuk terus memperkuat hubungan jangka panjang dengan para mitra engineer. Sekaligus menjalin relasi baru dengan pelaku industri melalui solusi tata udara andal dan berkelanjutan,” ujar Erick Sunjaya, Kepala Cabang DAIKIN untuk area Bali dan sekitarnya. Lebih lanjut dikatakannya, dukungan DAIKIN dalam ACE Fiesta tahun ini terhitung merupakan keikutsertaan ke-10 kalinya. Menurut Erick Sunjaya, keikutsertaan ini sekaligus menjadi penanda penting bagi komitmen perusahaan dalam penyelenggaraan kegiatan yang mempertemukan para Chief Engineer dari berbagai hotel, resort dan property di wilayah Bali dan sekitarnya. Hal yang menurutnya tak lepas dari keberadaan ACE Fiesta yang telah menjadi platform strategis industri untuk membangun komunikasi, berbagi pengalaman teknis, serta memperluas jejaring antara para profesional dan penyedia solusi pendukung operasional. Sebagai pendukung dalam penyelenggaraan ACE Fiesta 2025, DAIKIN memperkenalkan lini AC hunian terbaru dengan nama AC DAIKIN Nusantara Prestige. Menjadi pengganti produk AC hunian DAIKIN sebelumnya yang diproduksi di Thailand dan Malaysia, AC Nusantara Prestige dibuat dengan standar kualitas yang berlaku global pada seluruh fasilitas produksi DAIKIN di dunia. Lebih dari itu, AC Nusantara Prestige membawa berbagai peningkatan keunggulan dalam performa, efisiensi energi, serta kemudahan perawatan. Keseluruhannya, menurutnya lagi, dirancang sesuai dengan kebutuhan sistem tata udara di iklim tropis Indonesia. Lebih lanjut Erick Sunjaya berharap, melalui penyelenggaraan ACE Fiesta 2025, akan dapat memperkuat kehadiran DAIKIN sebagai mitra sepadan yang dapat diandalkan bagi para profesional teknik dan pengelola fasilitas di sektor hospitality dan properti. “Sejalan dengan harapan kesuksesan penyelenggaraan ACE Fiesta tahun ini, kami berharap kolaborasi baik yang terjalin ini akan dapat semakin memperluas kehadiran solusi tata udara pada sektor hospitality dan property yang memberi kenyamanan sekaligus perhatian pada dukungan kesehatan penggunanya,” pungkas Erick Sunjaya.
oleh Daikin Indonesia 20 Oktober 2025
Pembinaan kompetensi bagi para teknisi DAIKIN Indonesia yang berjalan berkesinambungan, membuahkan hasil membanggakan. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan dua teknisi yang mewakili Indonesia, meraih gelar juara dalam ajang The 5th ASE-Oce Service Skill Competition 2025 pada 16-17 Oktober lalu di Bangkok, Thailand. Tak main-main, keduanya meraih gelar juara untuk kategori skor gabungan terbaik yang meliputi kemampuan brazing, troubleshooting dan uji tulis. Ahmad Setiawan sebagai teknisi DAIKIN dari Indonesia, meraih peringkat pertama untuk kategori tertinggi ini. Sementara, Yongki Lukmana yang menjadi rekannya pun meraih prestasi tak kalah istimewa. Selain duduk sebagai juara ketiga untuk kategori utama ini, dirinya juga mengukir prestasi sebagai juara kedua khusus untuk keahlian troubleshooting. Membanggakannya prestasi kedua teknisi DAIKIN ini tak lepas dari keberadaan The 5th ASE-Oce Service Skill Competition 2025. Sebagai kompetisi tahunan yang memiliki tujuan utama menjaga dan meningkatkan kemampuan teknisi agar sesuai standar global DAIKIN, gengsi kompetisi ini ada pada pesertanya yang mempertemukan para teknisi terbaik hasil seleksi dari 11 afiliasi DAIKIN di Kawasan Asia dan Oseania. Dengan total 19 peserta, masing-masing mengadu kompetensinya dalam berbagai tantangan teknis terkait tata udara (air conditioning) yang terbagi dalam tiga bidang utama. Keseluruhannya dirancang menyerupai kondisi kerja teknisi di lapangan. Ketiganya yaitu uji tertulis yang meliputi berbagai materi. Termasuk didalamnya dasar-dasar AC, dasar AC hunian, service news, troubleshooting, kontrol dan operation data. Kedua yaitu brazing yang lebih menitikberatkan pada kemampuan pengelasan komponen AC. Bidang ketiga yaitu troubleshooting, lebih menekankan pada simulasi situasi kerja nyata dalam penggantian maupun perbaikan komponen pada AC untuk hunian. Masing-masing bidang inilah yang kemudian menjadi kategori yang dilombakan. Sementara peserta dengan raihan skor gabungan tertinggi, menjadi juara umum dengan penghargaan tersendiri. Terpilihnya kedua teknisi tadi menjadi wakil Indonesia pada kompetisi di tingkat Asia-Oseania ini bukanlah tanpa proses panjang. Sebelumnya, kedua teknisi wakil DAIKIN Indonesia ini telah menjalani seleksi melalui keikutsertaannya pada Service Skill Competition di tingkat nasional. Diikuti ratusan teknisi terbaik, baik dari internal perusahaan maupun eksternal yang menjadi mitra layanan resmi Daikin di seluruh Indonesia, ajang ini sengaja dibuat sekaligus untuk memantau tingkat kompetensi para teknisi DAIKIN di Indonesia. Keberhasilan ini menambah deretan capaian membanggakan DAIKIN Indonesia di ajang internasional. Sebelumnya, pada tahun 2023, Indonesia juga berhasil menorehkan prestasi dengan meraih peringkat ke-3 dalam kategori terbaik dan peringkat ke 3 kategori Brazing. Konsistensi ini memperlihatkan bagaimana pembinaan berkelanjutan yang dijalankan perusahaan mampu menghasilkan teknisi dengan keahlian yang terus berkembang dari tahun ke tahun. “Prestasi ini merupakan hasil nyata dari dedikasi dan kerja keras seluruh tim teknis kami yang terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” ujar Shinji Miyata – Presiden direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia. Lebih lanjut dikatakannya, DAIKIN Indonesia akan terus memperkuat program pengembangan sumber daya manusia teknisinya melalui berbagai pelatihan, termasuk bersertifikasi internasional.  Dilakukan melalui pusat pelatihan DAIKIN maupun kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan, keseluruhan upaya ini menjadi bagian langkah besar DAIKIN Indonesia dalam membangun generasi teknisi yang profesional, berintegritas dengan kompetensi tingkat global.
oleh Daikin Indonesia 17 Oktober 2025
Lombok, 17 Oktober 2025 — Sukses penyelenggaraan DAIKIN Solution Seminar di Bali pada bulan sebelumnya, PT Daikin Airconditioning Indonesia melanjutkan inisiatif serupa ke Lombok , Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen berkelanjutan perusahaan untuk menghadirkan solusi HVAC yang efisien, handal dan berkelanjutan di kawasan Indonesia timur yang tengah berkembang pesat. Dengan peserta dari kalangan profesional di bidang HVAC, dalam kegiatan ini DAIKIN memberikan paparan mendalam mengenai tren teknologi pendingin udara terkini, strategi penerapan sistem hemat energi, serta dukungan teknis yang disediakan DAIKIN melalui jaringan layanan purna jual yang luas di seluruh Indonesia. Pemilihan Lombok sebagai lokasi berikutnya tak lepas dari pertimbangan karakteristik pasar yang memiliki kesamaan dengan Bali. Hal ini setidaknya dari segi kondisi iklim tropis, maupun potensi pertumbuhan sektor hospitality dan hunian. Disisi lain, Perkembangan kawasan Mandalika yang kini menjadi destinasi internasional berkat penyelenggaraan ajang seperti MotoGP Mandalika, turut mendorong peningkatan kebutuhan sistem tata udara yang modern dan hemat energi. “Kami melihat potensi besar di Lombok, khususnya Mandalika, sebagai kawasan strategis dengan pertumbuhan pesat di sektor pariwisata dan properti,” ungkap Erick Sunjaya, kepala cabang DAIKIN untuk wilayah Bali dan sekitarnya. Hal inilah yang mendorong DAIKIN membawa lengkap berbagai inovasi terbaru yang membentang sebagai solusi bagi hunian hingga bangunan komersial. Termasuk diantaranya, VRV (Variable Refrigerant Volume) Generasi ke-6 yang hadir dengan varian VRV 6A dan VRV 6X. Inovasi pada sistem tata udara bagi bangunan komersial ini membuatnya memiliki efisiensi energi lebih tinggi serta kenyamanan optimal pada berbagai tipe bangunan. Selain itu, DAIKIN juga menampilkan seri AC Nusantara Prestige . Menjadi lini produk AC hunian pertama produksi Indonesia, inovasi pada tiap model didalamnya mewakili kolaborasi teknologi dan kualitas DAIKIN global dengan kebutuhan spesifik pasar Indonesia. Turut menjadi sorotan utama dalam kegiatan ini adalah teknologi Marutto (AI) Cloud Monitoring System . Menjadi sistem pemantauan berbasis kecerdasan buatan, memungkinkan pengguna untuk mengawasi performa sistem HVAC secara real-time. Teknologi ini memberikan kemudahan dalam mendeteksi potensi gangguan lebih awal, meningkatkan efisiensi operasional, serta menekan biaya perawatan. Penerapannya sangat relevan bagi sektor hospitality dan commercial di kawasan Mandalika yang menuntut performa sistem tata udara yang stabil sekaligus efisien sepanjang waktu. Lebih lanjut Erick Sunjaya menyatakan, dengan berbagai inovasi dan dukungan teknis komprehensif yang menjadi tawaran besarnya, DAIKIN berharap dapat terus meningkatkan kehadirannya di Lombok dan bagian Indonesia Timur. “Tak hanya sebagai penyedia produk, namun menjadi mitra strategis dalam menghadirkan solusi tata udara yang efisien, cerdas dan ramah lingkungan. Langkah yang didasari komitmen DAIKIN untuk menjadi bagian dari pembangunan berkelanjutan di Indonesia timur sejalan dengan visi perusahaan untuk menciptakan udara lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan,” pungkas Erick Sunjaya.

Book a Service Today