Penyaksian Perdana Uji Kompetensi AC Komersial (VRV/VRF)

Daikin Indonesia • Okt 18, 2021

Jakarta - Pemerintah mendorong kualitas tenaga kerja di Indonesia yang diukur oleh standar kemampuan, pengetahuan, dan sikap kerja di tengah sengitnya persaingan dewasa ini. Dengan dasar itu, tenaga kerja di sektor teknik pendingin harus memiliki sertifikat kompetensi yang diakui oleh negara yaitu melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).


Pentingnya tenaga kerja di sektor teknik pendingin itu tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor P.73/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2019 Pasal 4 yang berbunyi bahwa Teknisi pada jenjang 2 sampai dengan 5 wajib memiliki sertifikat kompetensi, sedangkan Penanggung Usaha atau Kegiatan, pada pasal tersebut dijelaskan wajib mempekerjakan teknisi yang telah memiliki sertifikat kompetensi.


Sertifikasi bagi tenaga kerja di sektor teknik pendingin itu perlu menjadi perhatian. Apalagi, jika ditelisik lebih rinci pada Pasal 12 disebutkan pengenaan sanksi administratif terhadap penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan, yang tidak memenuhi kewajiban sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Peraturan Menteri ini mulai berlaku dua tahun terhitung sejak Peraturan Menteri ini diundangkan tanggal 18 Oktober 2019.


Sebelumnya hanya ada sertifikasi jenjang 1-3/AC perumahan. Namun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membuat skema baru berdasarkan KKNI No.41 tahun 2019, termasuk sertifikasi teknisi AC Komersial VRV/VRF dan Chiller.


PT Daikin Airconditioning Indonesia merespons peraturan tersebut dengan terus berbenah diri dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Hal itu dibuktikan dengan pada 18 Oktober 2021, Daikin Indonesia dengan menggandeng LSP Elektroteknika akan mengadakan uji kompetensi perdana untuk sertifikasi teknisi pendingin yang diakui negara yaitu sertifikat BNSP. Daikin sangat mendukung peraturan ini.


Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia, Budi Mulia, mengatakan Daikin Indonesia menjadi salah satu pelopor dalam implementasi mendukung inisiatif pemerintah atas sertifikasi untuk skema kompetensi teknisi jenjang 4 dan 5, yaitu AC Komersial VRV/VRF. "Dengan dilakukannya uji kompetensi perdana di Oktober di Daikin National Training Center Jakarta (NTC), Daikin turut memfasilitasi pelaksanaan sertifikasi karena kelengkapan unit praktek, alat ukur, tools, space, dan juga mempunyai training center di cabang dengan fasilitas yang lengkap. Dan yang paling penting teknisi akan diajarkan bagaimana cara mengelola refrigeran agar tidak dilepas ke udara." ujar Budi Mulia.


Budi Mulia menambahkan hal ini akan berdampak pada meningkatnya permintaan tenaga kerja yang kompeten di bidang teknik pendingin. Kualitas tenaga kerja akan terukur dengan standar kemampuan, pengetahuan, dan sikap kerja yang dilalui saat pelaksanaan sertifikasi tersebut.


Budi Mulia yakin ke depan jaringan distribusi (dealer) Daikin Indonesia akan memenuhi persyaratan sertifikasi untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen. Disamping itu, Daikin juga mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui MOU dengan 35 SMK di Indonesia hingga saat ini.


“Kita sudah mengidentifikasi lebih dari 300 dealer yang diharuskan memiliki sertifikasi jenjang 4- 5. Dan untuk jenjang 1-3 tetap berjalan hingga saat ini untuk semua dealer kita,” kata Budi Mulia.


Daikin memiliki pusat pelatihan bernama Daikin National Training center (NTC) yang didesain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mau mempelajari tentang Air Conditioning System. Daikin NTC ditunjuk sebagai TUK (Tempat Uji Kompetensi) dan mempunyai perlengkapan yang komprehensif dari AC perumahan hingga AC komersial yang siap untuk menyelenggarakan uji kompetensi sesuai peraturan pemerintah.


Selain itu, Daikin Indonesia memiliki 13 cabang di daerah lain yang siap untuk menyelenggarakan sertifikasi ini dan mendukung teknisi-teknisi di daerah masing-masing.


Sejak dibukanya Daikin National Training Center pada Juli 2018, Daikin sangat percaya bahwa ilmu pengetahuan sudah selayaknya dibagikan agar mampu menjawab tantangan yang ada, khususnya permasalahan AC.


Adapun pandemi tidak menyusutkan aktivitas untuk tetap berkomitmen menjalankan visi misi, menanamkan teknologi terbaru, dan inovatif dalam peran serta aktif menjawab permasalahan seputar AC. Hal itu tentunya melalui pelatihan dan peningkatan kemampuan para peserta.


Pusat pelatihan nasional Daikin dirancang untuk meningkatkan kompetensi teknis dan meningkatkan standar industri. Pilihan materi yang digelar tidak hanya diprioritaskan bagi para teknisi AC, tetapi ditujukan untuk para guru beserta siswa Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU), instruktur, dan siswa Balai Latihan Kerja terutama jurusan TPTU.


Guna mengupayakan tindakan preventif covid-19 dan mempromosikan pencegahannya, pelatihan secara offline dilakukan dengan mengacu pada protokol kesehatan. Ruangan training dan alat dicek dan dibersihkan secara rutin.


Sebelum training dimulai, seluruh peserta yang jumlahnya dibatasi diwajibkan melakukan pengecekan suhu tubuh, mengenakan masker, menggunakan hand sanitizer secara efektif serta menjaga jarak serta kebersihan selama pelatihan berlangsung.


"Harapannya kebutuhan informasi dan pelatihan dapat tetap terlaksana namun kesehatan baik peserta maupun trainer tetap terjaga. Mari tingkatkan pengetahuan dan kemampuan AC bersama Daikin National Training Center (NTC) dan bersama putuskan mata rantai covid-19," kata Budi Mulia.


Daikin Airconditioning merupakan salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia. Bahkan, Air Conditioner (AC) produksi Daikin terbukti menjadi salah satu yang sangat diminati oleh konsumen di Tanah Air karena dilengkapi dengan teknologi yang canggih dan ramah lingkungan.


Perusahaan asal Jepang ini sudah lama berdiri sejak tahun 1970, terutama produk AC. Karenanya tak heran jika Daikin menjadi market leader dari perusahaan produsen AC di Asia, termasuk di dunia.


Sebagai catatan Saat ini PT Daikin Airconditioning Indonesia memiliki jaringan distribusi 13 cabang di kota Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Palembang, Pekanbaru, Medan, Manado, lebih dari 1.300 dealer. Dan Daikin juga pernah bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditandai penandatanganan MOU dengan 35 SMK di Indonesia.


Daikin dalam hal ini mengadakan pelatihanpelatihan di SMK tersebut. Daikin sendiri memiliki sejumlah produk yang terbagi dalam beberapa kategori yaitu AC Perumahan, AC Perumahan Premium, AC Komersial, dan AC Industri.

You might also like

oleh Daikin Indonesia 03 May, 2024
Dibawah tema besar “Beyond Customer Expectation”, DAIKIN Service Partner Policy Meeting & Awarding 2024 terselenggara di Jakarta pada 3 Mei lalu. Selain menjadi wadah untuk mensosialisasikan kebijakan baru dalam ranah layanan purna jual, kegiatan ini juga menjadi ajang apresiasi atas mitra bisnis DAIKIN dalam layanan purna jual. Dalam kegiatan tersebut, DAIKIN menekankan arah pengembangan layanan purna jualnya di Indonesia. Termasuk didalamnya penciptaan standar kinerja tinggi dalam melayani. Hal ini dicapai melalui kualitas teknis sumber daya manusia, kecepatan, keandalan, keramahan dan digitalisasi dalam proses bisnis untuk mencapai efektivitas kerja teknisi. Untuk mendukung hal tersebut, DAIKIN diantaranya telah menyiapkan ragam pelatihan bagi sumber daya manusia para mitra bisnisnya. Pada kesempatan yang sama, DAIKIN pun memberikan fokus khusus yang mengajak para mitra bisnisnya turut berkontribusi dalam komitmen perusahaan mengatasi dampak lingkungan. Dengan dua fokus utama yaitu pengurangan emisi karbon dan pemulihan refrigerant. Bila pengurangan emisi karbon salahsatunya melalui dukungan pada AC berbasis inverter, DAIKIN menjadi pionir dan satu-satunya perusahaan solusi tata udara yang menyediakan layanan refrigerant recovery. Seturut dengan komitmen pemerintah dalam penurunan bertahap konsumsi refrigerant terkait dampak perubahan iklim, layanan refrigerant recovery dapat menjadi sebuah bisnis baru bagi para mitra bisnis DAIKIN. Meningkatkan kietersediaan layanan, yang berjalan seiring dengan kepedulian pada lingkungan. Seiring dengan semangat layanan DAIKIN. Memberikan layanan terbaik, melampaui harapan konsumennya.
oleh Daikin Indonesia 29 Apr, 2024
Dapatkan AC DAIKIN Inverter baru Anda cuma 670 ribu dengan pembelian melalui Home Credit. Setiap pembelian paket AC ini akan dilengkapi intalasi dengan pipa DAIKIN (DSP). Syarat dan ketentuan bisa Anda lihat pada penjelasan dibawah ini: Periode promo mulai dari 1 Mei - 30 Juli 2024 Promo hanya berlaku di Dealer i-SHOP tertentu* Promo hanya berlaku untuk pembelian oleh konsumen perorangan (tidak berlaku untuk pembelian Grosir, Sub Dealer, Proyek / Intitusi) Promo hanya berlaku bagi konsumen yang telah memenuhi syarat pengajuan pada aplikasi Home Credit Indonesia (HCI) Promo hanya berlaku untuk tipe: ZETA (FTKZ) / STAR (FTKC) / FLASH (FTKQ) / EVO (FTKF) / MULTI-S + Paket Instalasi Pipa DAIKIN (DSP) + 1x Cuci AC Anda dapat mengikuti langkah berikut agar bisa menggunakan promo ini menggunakan Home Credit: Unduh Aplikasi “Home Credit - Cicilan & Pinjaman” pada Play Store / App Store. Buka aplikasinya, lakukan registrasi pada aplikasi Home Credit Indonesia. Jika konsumen layak mengajukan cicilan, datangi toko yang sudah bekerja sama dengan HCI dan bertemu Sales Agent HCI untuk proses lebih lanjut. Sales Agent HCI akan membantu konsumen dalam proses pengambilan kredit HCI.
oleh Daikin Indonesia 23 Apr, 2024
Denpasar, 22 April - PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) bermitra dengan CV Dian Mandiri meresmikan pembukaan DAIKIN Proshop Showroom terbarunya di Denpasar, Bali (22/4). “Hadirnya DAIKIN Proshop Showroom Dian Mandiri menegaskan langkah DAIKIN dalam memperluas pemasaran AC Home Central sebagai solusi pendingin udara yang berfokus pada hunian kelas premium dan bangunan light commercial bagi masyarakat Bali,” ujar Shinji Miyata, President Director PT Daikin Airconditioning Indonesia dalam sambutannya pada seremoni peresmian showroom DAIKIN Proshop tersebut. Lebih lanjut dikatakannya, pembukaan DAIKIN Proshop Showroom terbaru ini sekaligus menjadi bagian upaya DAIKIN dalam mempertegas langkah ekspansinya bagi pemasaran lini produk premium AC Home Central di Indonesia. Dengan pembukaan showroom AC premium terbaru ini, perusahaan AC asal Jepang ini terhitung telah memiliki 36 DAIKIN Proshop Showroom yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. AC Home Central DAIKIN yang menjadi lini produk utama dalam DAIKIN Proshop Showroom sendiri merupakan penyejuk udara kelas premium yang ditujukan bagi hunian modern dan kebutuhan bangunan light commercial seperti café dan restoran. Tak cuma menawarkan kepraktisan penempatan dan perawatan dari keunikannya yang membuatnya dapat mengoperasikan beberapa unit indoor hanya dengan satu unit outdoor, AC Home Central DAIKIN memiliki ragam pilihan desain unit indoor yang dapat membaur pada ruang dan meningkatkan estetika keseluruhan ruang. Sementara dari sisi kenyamanan, bersama dengan kesejukan yang dibawanya, AC DAIKIN Home Central juga memiliki kemampuan mengatur tingkat kelembapan udara sehingga mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri dalam ruang berikut dengan filtrasi berlapis untuk mengeliminasi berbagai partikel merugikan kesehatan. “Hal inilah diantaranya yang membuat AC Home Central DAIKIN semakin menjadi pilihan bagi hunian maupun bangunan light commercial. Utamanya bagi pengaplikasian pada ruang yang membutuhkan perhatian pada penjagaan tingkat kelembapan,” ujar Shinji Miyata lagi. Terkait dengan lokasi, DAIKIN Proshop Showroom Dian Mandiri menempati bangunan rumah toko (ruko) dua lantai pada Komplek Pertokoan Ngurah Rai di bilangan Jalan Bypass Ngurah Rai Kuta No. 28 Denpasar, Bali. Selain berada di jalur utama menuju Bandara Internasional Ngurah Rai, lokasi ini dipilih dengan pertimbangan jaraknya yang dekat dengan destinasi kuliner dan pembangunan berbagai proyek baru yang ramai pengunjung. “Keberadaannya di wilayah strategis seturut harapan besar kami pada kehadirannya. Memberikan layanan solusi tata udara premium yang lengkap dengan cepat dan tepat bagi masyarakat di wilayah Bali,” ujar Desira Triyanti, pemilik DAIKIN Proshop Dian Mandiri di sela-sela peresmian. Lebih dari kelengkapan produk AC Home Central yang ada didalamnya, lanjut Desira Triyanti, aspek solusi lengkap pada DAIKIN Proshop Showroom ini juga menyentuh hingga layanan bagi pengunjung dan pengguna. Mulai dari pendampingan konsultan profesional yang memberikan rekomendasi solusi tata udara yang tepat bagi pengunjung, teknisi tersertifikasi DAIKIN untuk instalasi dan pemeliharaan hingga layanan purna jual. Membuatnya semakin istimewa, seluruh konsumen DAIKIN Proshop Showroom Dian Mandiri akan mendapatkan layanan purna jual 1x24 jam untuk kebutuhan perawatan dan perbaikan produk AC Home Central miliknya. “Kelengkapan layanan ini didesain sesuai dengan visi DAIKIN Proshop Showroom untuk menjadi destinasi utama bagi solusi tata udara premium. Bagi hunian maupun pendukung kegiatan bisnisnya,” ujar Desira Triyanti. Lebih lanjut ia menyatakan optimismenya terkait penerimaan positif dari masyarakat terkait pembukaan DAIKIN Proshop Showroom CV Dian Mandiri. Dukungan produk inovatif dan layanan yang disiapkan didalamnya, bersanding dengan pengalaman panjang CV Dian Mandiri pada industri solusi tata udara. Memulai debutnya pada tahun 1994 sebagai kontraktor, perusahaan ini tumbuh dengan melakukan pengembangan untuk memberikan layanan bagi kebutuhan ventilasi dan pendingin udara pada tahun 2010. Beranjak kemudian menjadi bagian dari dealer DAIKIN Proshop di tahun 2022. “Kami bangga dapat bermitra dengan CV Dian Mandiri yang memiliki rekam jejak dan reputasi baik sepanjang perjalanannya. Kesamaan komitmen dan semangat untuk bersama berkembang melalui keberadaan DAIKIN Proshop showroom ini akan menjadi modal besar bagi kesuksesan lebih tinggi yang dicapai dari pelayanan terbaik yang dihadirkannya,” pungkas Shinji Miyata.
Postingan Lainnya

Book a Service Today

Share by: