DAIKIN Renovasi Balai Warga Kampung Ketandan Sebagai Percontohan Fasilitas Publik Dengan Mitigasi Panas dan Kegiatan Warga
Surabaya, 10 Desember – PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) meresmikan dibukanya kembali Balai Warga RW 04 Kampung Ketandan, Surabaya, hari ini (10/12). Hal ini bertepatan dengan selesainya renovasi balai serbaguna bagi warga tersebut sebagai bagian kolaborasi penelitian bersama antara DAIKIN, Center for Southeast Asian Studies (CSEAS) Kyoto University, Jepang dan Operations for Habitat Studies (OHS).
“Lebih dari sebuah ruang kegiatan bersama bagi warga, renovasi ini bertujuan untuk membuat sebuah balai warga dapat menjadi ruang aman bagi warga saat menghadapi kondisi cuaca panas ekstrem,” ujar Budi Mulia, Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia dan PT Daikin Industries Indonesia. Menurutnya, “Kami mendesainnya sebagai contoh nyata desain ruang publik yang dapat membantu masyarakat beradaptasi menghadapi perubahan iklim,” ujar Budi Mulia lagi dalam sambutannya pada peresmian balai warga tersebut.
Proyek renovasi Balai Warga RW 04 Kampung Ketandan di Surabaya ini merupakan bagian besar dari kerjasama riset antara DAIKIN dengan CSEAS Kyoto University yang dimulai pada 2021 lalu. Tujuannya sendiri, menciptakan teknik pendinginan yang sesuai dengan jenis bangunan dan pola penggunaan AC masyarakat di belahan Asia Tenggara menghadapi kenaikan suhu ekstrem.
Pilihan pada Balai Warga RW 04 Ketandan sendiri dilakukan dengan dua pertimbangan besar. Pertama, lokasinya di Surabaya yang dianggap memiliki suhu panas tinggi. Sementara pertimbangan lainnya, ada pada keaktifan penggunaan balai warga ini bagi kegiatan masyarakat sekitar yang menjadikannya berpotensi bagi tempat mitigasi suhu panas.
Sejalan dengan tujuannya ini, renovasi dilakukan dengan menggabungkan teknologi pendinginan pasif dan pendinginan aktif. Pendinginan pasif diantaranya terimplementasi pada rancangan penempatan berbagai ventilasi dan peninggian atap untuk mengalirkan udara sejuk dari luar ke seluruh ruangan sekaligus mengkondisikan udara panas ke bagian atas balai warga tersebut. Sebagai bagian untuk menciptakan sirkulasi udara lebih baik, peninggian atap ini didukung dengan penempatan exhaust untuk mendorong udara panas keluar ruangan. “Sirkulasi udara lebih baik ini bertujuan untuk membuat balai warga tetap nyaman meskipun tanpa bantuan teknologi pendinginan,” ujar Budi Mulia lagi.
Disisi lain, renovasi dengan pendinginan aktif dilakukan melalui instalasi AC DAIKIN pada dua ruang didalam balai warga tersebut. Keberadaan AC ini dirancang mampu menyejukkan masing-masing ruang berkapasitas empat hingga delapan orang tersebut. Lebih lanjut dikatakan, ruangan ini pun dirancang untuk dapat disatukan bagi kegiatan warga yang membutuhkan area lebih besar.
Masih sejalan dengan hal tersebut, menurut Budi Mulia, DAIKIN juga merancang kedua ruangan ini sebagai bagian riset langsung perbedaan penggunaan energi antara AC inverter dan non inverter. Dilakukan melalui pemasangan dua jenis AC tersebut dengan kapasitas pendinginan yang sama pada masing-masing ruang, pemantauan dilakukan dengan mengatur penggunaannya untuk aktif bergantian selama periode tertentu.
Hal yang membuatnya menarik, meskipun warga dapat memanfaatkan ruang dengan cuma-cuma, renovasi ini menerapkan sistem pemesanan berbayar bagi warga yang bermaksud menggunakan AC tersebut untuk penyejukan ruangan. Dengan dukungan aplikasi khusus, warga dapat melakukan pembayaran penggunaan sesuai durasi yang dipilih. “Dana terkumpul akan menjadi kas RW untuk pembayaran listrik dan perawatan AC. Ini merupakan bagian rancangan untuk membuat proyek ini berjalan berkelanjutan,” ujar Budi Mulia lagi.
Turut hadir dalam peresmian tersebut, Emil Elestianto Dardak selaku Wakil Gubernur Jawa Timur, menyatakan apresiasinya atas langkah yang dilakukan DAIKIN bersama dengan seluruh pihak yang berkolaborasi didalamnya pada renovasi balai warga ini. Disatu sisi, renovasi ini dikatakannya menciptakan ruang publik yang lebih dapat relevan dalam menghadapi perubahan iklim. Sementara disisi lain, menurutnya pula, hal ini menjadikan balai warga sebagai ruang komunal yang dapat memberikan manfaat lebih dengan menampilkan berbagai karya seni dan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari warga Ketandan.
Secara khusus dirinya juga menyoroti adanya sistem prabayar yang melalui aplikasi khusus yang dapat digunakan warga untuk memanfaatkan AC pada ruangan dalam balai warga ini. Keberadaannya, menurut Emil Elestianto Dardak, merupakan wujud gotong-royong warga untuk keberlanjutan operasional balai warga ini.
Senada dengan semangat DAIKIN dalam renovasi ini, lebih lanjut Emil Elestianto Dardak berharap, Balai Warga RW 04 Ketandan dapat benar-benar menjadi percontohan bagi pengembangan ruang publik ke depan. “Kami berharap balai warga ini dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak komunitas di daerah lain,” ujar Emil Elestianto Dardak.
You might also like




